Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Orang dari Masa Lalu Kembali Lagi

Bukan tidak bisa memaafkan namun belum siap saja 

Bisa menerima orang yang pernah menyakitimu di masa lalu tentu bukan hal yang mudah. Butuh kedewasaan dan kesiapan mental yang kuat untuk bisa menerima orang tersebut. Belum lagi, rasa takut terhadap apa yang pernah terjadi di masa lalu bisa saja teringat kembali.

Sebenarnya, itu semua adalah hal yang wajar namun bukan berarti kamu harus terus menjauhi orang tersebut selamanya. Oleh karena itu, berikut adalah 5 hal yang harus kamu lakukan ketika orang dari masa lalu kembali lagi ke dalam kehidupanmu. 

1. Belajar dari masa lalu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Orang dari Masa Lalu Kembali LagiUnsplash.com/Chad Madden

Sebelum menerima orang yang pernah menyakitimu, coba ingat kembali kenapa hubungan kalian yang dulu bisa hancur berantakan. Bukan bermaksud untuk mengingat kesalahan yang pernah ia buat. Namun, tak ada salahnya kita mengambil hikmah dan belajar dari kejadian tersebut.

Jangan sampai kamu jatuh ke dalam lubang yang sama. Lihat kembali, apakah dia sudah berubah menjadi orang yang lebih baik atau tidak. 

2. Sebelum melangkah lebih jauh, selesaikan masalah yang pernah terjadi di antara kalian sampai tuntas

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Orang dari Masa Lalu Kembali LagiUnsplash.com/Yuyu Hata

Memang benar kita perlu melupakan masalah yang pernah terjadi di masa lalu. Namun, bukan berarti kamu bisa melupakannya begitu saja tanpa menyelesaikan masalah tersebut. Tak ada salahnya, untuk membicarakan kembali masalah di masa lalu dan mencoba menyelesaikannya secara tuntas. Karena bisa saja dahulu kalian belum sempat menyelesaikannya masalah tersebut dengan tuntas.  

Perlu diingat, tujuan kalian kembali mengungkit masalah tersebut adalah untuk menyelesaikannya secara tuntas agar tak ada rasa pahit yang tertinggal bukan untuk saling menuduh siapa yang salah dan siapa yang benar. 

Baca Juga: 5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa Depan

3. Maafkan kesalahannya di masa lalu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Orang dari Masa Lalu Kembali LagiUnsplash.com/Everton Vila

Kamu tidak akan mungkin bisa menerima orang tersebut jika belum bisa memaafkannya dengan tulus. Memang benar, memaafkan orang yang pernah menyakitimu bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa memaafkan orang tersebut. Percayalah, ketika kamu bisa memaafkan orang yang menyakitimu maka hidupmu pun akan jauh terasa lebih tenang. 

4. Jangan paksa dirimu untuk siap menerima orang itu kembali

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Orang dari Masa Lalu Kembali LagiUnsplash.com/Baylee Gramling

Jika kamu memang belum siap maka ambilah waktu sampai kamu siap. Jangan paksa dirimu untuk siap berhadapan dengan orang di masa lalu, apalagi jika ia pernah menyakitimu. Karena jika kamu terlalu memaksakan diri untuk bisa menerima orang itu kembali maka hal itu akan terlihat dari tingkah lakumu, misalnya kamu akan terlihat tidak nyaman dan merasa sangat stres untuk bisa bertemu dengan orang tersebut. 

5. Berdoa dan pikirkan dengan matang

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Orang dari Masa Lalu Kembali LagiUnsplash.com/Elijah Hiett

Sebelum kamu membuat keputusan untuk bisa menerima kembali orang dari masa lalu, ada baiknya untuk berdoa dan memikirkannya dengan matang. Minta petunjuk dari Tuhan langkah apa yang perlu kamu lakukan. Jangan buat keputusan yang tergesa-gesa. Ingat, jangan sampai kamu kembali tersakiti lagi. 

Siapkan hati dan dirimu dengan sebaik mungkin. Jika saat ini kamu memang belum bisa maka bicarakan hal ini secara dewasa kepada orang tersebut. Percayalah, seiring berjalannya waktu kamu bisa menerima ia kembali. 

Baca Juga: Senang Mengungkit Masa Lalu Orang Lain, 5 Kerugian Ini akan Kamu Alami

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya