Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Berkata Kasar

Sakit sih, tapi jangan emosi dulu...

Sering rasanya jengkel dan sakit hati ketika mendengar kata-katanya. Masalah kecil dan tidak penting bisa berubah menjadi besar jika bersamanya. Kata-katanya kadang tidak bisa dikontrol, hingga membuat orang di sekitarmu juga sakit hati. Untuk menasihatinya pun akan sulit. Rasanya kamu tidak nyaman beradu argumen dengan pasanganmu sendiri.

Selalu merasa sakit hati bukan berarti kamu bisa membalasnya dengan berkata kasar. Tindakan tegas memang perlu dilakukan untuk mengubahnya. Tapi sebelumnya, lakukan 5 cara ini untuk hadapi pasangan yang suka berkata kasar!

1. Beri sugesti baru lewat kata-kata baik setiap malam

5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Berkata KasarPixabay.com/Olichel

Setiap malam ketika dia mulai mengantuk dan tidur dalam keadaan setengah sadar, ucapkanlah kata-kata baik di dekatnya. Kamu bisa melakukannya sambil mengusap dadanya. Usahakan agar dia tidak terbangun atau benar-benar lelap. Sugesti ini akan membentuk otak bawah sadarnya untuk terbiasa berucap lemah lembut. 

Praktik ini biasa dilakukan pada anak kecil yang tantrum dan susah diatur. Jadi tidak salahnya jika kamu melakukannya pada pasangan. Pilih kata-kata yang baik seperti, "Kamu orangnya lemah-lembut, penyayang dan baik hati.", "Besok janji ya ucapkan rasa cinta", atau "Hati kamu sangat lembut dan tutur katamu sangat indah."

2. Jangan membalas balik, karena akan membuatnya bertindak kasar

5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Berkata KasarSelf.com

Seseorang yang terbiasa berkata kasar cenderung juga suka bertindak kasar. Terkadang mereka juga melakukan hal-hal di luar batas kendali. Usahakan agar kamu tidak membalas balik perkataan kasarnya. Meski sakit hati, jangan biarkan emosimu beradu argumen dengan dengannya.

Mengalah untuk kebaikan berdua tidak salahnya. Setidaknya kamu bisa mencegahnya dari tindakan kekerasan yang dilakukan pasangan. 

3. Meski di cap lemah, menangis ternyata bisa membuat hati siapapun luluh

5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Berkata KasarPixabay.com/GoranH

Jika kamu wanita, maka menangis bisa menjadi cara paling ampuh untuk mengambil hati. Jangan sungkan mengeluarkan isi hatimu dengan menangis. Jangan menutupinya dengan menangis diam-diam. Biarkan pasanganmu tahu bagaimana rasanya disakiti lewat kata-kata.

Menangis bukan berarti kamu lemah. Tapi menunjukkan isi hatimu yang tidak bisa diucapkan. Saking sakitnya, kamu hanya bisa diam dan menangis.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Punya Pasangan yang Posesif, Emang Iya?

4. Tegaslah bahwa kamu tidak suka mendengar kata-kata kasarnya

5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Berkata Kasarhuffingtonpost.com.au

Diam saja memang tidak membuatnya jera. Berilah pemahaman bahwa kamu tidak suka dia berkata kasar. Sebelum masalahnya muncul, bicaralah baik-baik di waktu senggang. Kamu juga bisa menyindirnya secara halus agar mau mengubah kebiasaannya. Memang akan butuh waktu yang lama, tapi kesabaranmu akan membuatnya luluh suatu hari nanti.

5. Pergi sebentar untuk menjauh darinya adalah cara terbaik

5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Berkata KasarPixabay.com/Engin_Akyurt

Kamu mungkin sesekali merasa sangat jenuh menghadapinya. Berulang kali dia masih tetap melakukan kesalahan. Jika tidak ada tempat untuk menahan, pergilah sebentar dari dirinya. Bukan berarti untuk meninggalkan. Melainkan mengambil jarak sebentar untuk mengatur kembali hatimu. 

Meski butuh waktu lama untuk mengubah kebiasaan buruknya. Bukan berarti kamu tidak mampu melakukannya. Terus berdiskusi dan membiasakan berkata baik agar dia terbiasa melakukannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kurang Baik Saat Ngobrol dengan Pasangan yang Harus Diubah

yenny anggraini Photo Verified Writer yenny anggraini

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya