Comscore Tracker

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!

#IDNTimesLife Sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu

Meski kamu sudah melakukan double cleansing, ada baiknya untuk memakai masker yang mampu membersihkan sebum atau kotoran, agar gak menimbulkan jerawat. Dewasa ini, produk perawatan kulit semakin banyak. Contohnya masker wajah yang memiliki beragam jenis dan manfaat. 

Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Ada masker tanpa bilas atau perlu dibilas, hingga masker yang bisa dipakai saat tidur. Ada apa saja, ya? Berikut ini IDN Times merangkum variasi jenis masker wajah dan manfaatnya yang bisa kamu coba.

1. Sleeping Mask

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!instagram.com/lacoco.id

Sleeping mask disebut juga dengan overnight mask. Masker ini paling beda dari yang lain karena dipakai sebelum tidur dan dibiarkan semalaman. Diamkan beberapa menit hingga terserap sempurna, supaya tidak menempel pada bantal atau kasur. 

Sleeping mask merupakan perawatan terakhir sebelum tidur, basuh dengan air di pagi hari. Biasanya, sleeping mask memiliki tekstur berupa krim atau gel.

Dibandingkan night cream, masker ini mampu mengunci kelembapan. Semua zat aktif dari produk skincare sebelumnya langsung terkunci agar bekerja secara optimal di malam hari.

2. Sheet Mask

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!instagram.com/ariul_id

Sheet mask merupakan masker berupa lembaran menyerupai tissue basah. Bentuknya pun dibuat sesuai dengan wajah. Bedanya dengan masker lain, sheet mask hanya bisa digunakan satu kali dan tidak perlu dibilas.Tap tap masker agar cepat meresap, gunakan sisa cairan masker untuk bagian badan yang lain.

Banyak variasi sheet mask dengan jenis kulit yang berbeda-beda. Karenanya, kamu perlu memilih sheet mask yang tepat sesuai kebutuhan kulit agar tidak menimbulkan iritasi.

Sebagian besar orang menyukai sheet mask karena mengandung serum atau essence yang membantu menutrisi kulit secara maksimal. Gunakan sheet mask dengan rutin, dijamin kulitmu sangat lembap dan terasa sehat!

3. Clay Mask

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!instagram.com/npureofficial

Clay mask sangat cocok dipakai untuk pemilik kulit berjerawat dan berminyak. Pasalnya, masker yang terbuat dari tanah liat ini mampu menyerap minyak berlebih dan kotoran hingga ke dalam pori-pori.

Butiran-butiran kecil yang terdapat dalam clay mask berfungsi sebagai scrub. Jadi, clay mask juga ampuh digunakan untuk eksfoliasi sel kulit mati. Jangan lupa untuk menggunakan clay mask sesuai instruksi, ya!

Hindari penggunaan clay mask terlalu lama. Jika terlalu lama, clay mask justru bisa membuat kulit sangat kering dan berpotensi terjadi iritasi. Setelah menggunakan masker ini, tambahkan perawatan kulit yang mampu mengembalikan kelembapan.

4. Peel Off Mask

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!instagram.com/freemanbeauty

Kalau ingin masker yang menutrisi sekaligus exfoliating, maka kamu perlu mencoba peel off mask. Masker ini mampu membersihkan wajah lebih dalam, seperti mengurangi minyak berlebih hingga mengangkat komedo membandel.

Cocok banget digunakan ketika wajah terasa kotor dan butuh eksfoliasi. Teksturnya seperti gel atau krim. Setelah diaplikasikan ke seluruh wajah, masker akan mengering dengan sendirinya

Nah, sensasinya berbeda nih ketika kamu harus mengelupas masker, lalu melihat sisa-sisa kotoran yang menempel pada masker tersebut seperti kulit mati dan komedo. Saat mengelupas mungkin akan terasa sakit, sehingga masker ini tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Kecantikan Multifungsi, Masker Jadi Krim Wajah!

5. Jelly Mask

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!instagram.com/kaleyskincare

Pernah mendengar jelly mask? Efek soothing dan calming bisa kamu dapatkan dari masker ini. Bukan hanya melembapkan, masker yang bertekstur jelly dari seaweed ini juga bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan kenyal.

Teksturnya sangat lembut dan menyegarkan kulit. Jadi, pas banget untuk semua tipe kulit tanpa takut iritasi. Jelly mask juga bisa disimpan dalam lemari es, lho!

6. Powder dan Cream Mask

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!instagram.com/sariayu_mt

Powder mask dan cream mask sama-sama termasuk dalam produk masker wash off atau perlu dibilas dengan air. Jenis masker ini paling banyak beredar di pasaran dalam berbagai kemasan dan manfaat.

Cara penggunaannya juga hampir hampir sama. Untuk cream mask, kamu cukup mengoleskan langsung pada wajah. Tunggu beberapa menit lalu dibilas dengan air hangat.

Untuk powder mask, teksturnya seperti bedak. Perlu diberi sedikit air agar larut dan mengental sehingga lebih mudah digunakan. Ampuh nih untuk mengangkat sel kulit mati!

7. Mud Mask

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!instagram.com/beaukirana

Sesuai namanya, mud mask terbuat dari lumpur. Banyak orang menilai bahwa mud mask dan clay mask itu sama. Keduanya memang ampuh mengurangi minyak dan kotoran.

Masker ini cukup digunakan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Kamu bisa pakai kuas masker atau jari, lalu tunggu sampai kering dan bilas dengan air hangat.

Mud mask berfungsi untuk hydrating kulit karena berbahan dasar air. Cocok untuk pemilik kulit kering, dijamin bisa melembapkan sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Kulit makin halus dan kenyal, nih!

8. DIY Mask

8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!pexels.com/cottonbro

Eits, kamu juga bisa membuat masker wajah sendiri, lho. Gak kalah khasiatnya dengan masker yang sudah jadi, karena bahan-bahan yang digunakan alami. Waktunya bereksperimen untuk menciptakan kulit wajah yang sehat dan glowing!

Contohnya seperti masker dari bubuk kunyit dan madu untuk mencerahkan wajah. Putih telor juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengangkat komedo dan menyamarkan pori-pori.

Itu dia beberapa jenis masker wajah dan manfaatnya. Ingat ya, pakai masker sesuai dengan instruksi dan kebutuhan kulit kamu!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker Wajah Bengkuang, Mulai dari Rp6 ribuan!

Topic:

  • Pinka Wima
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya