Comscore Tracker

5 Kapas Kain Brand Lokal, Solusi untuk Mengurangi Sampah

Harga terjangkau dengan kualitas yang baik

Konsumsi kapas terbilang banyak, penggunaan kapas dalam sehari bisa mencapai 4 kapas sekali pakai untuk masing-masing orang. Hal ini yang menyebabkan sampah kapas menjadi menumpuk dan pohon kapas yang selalu dikonsumsi secara terus-menerus.

Sebagai pengganti kapas sekali pakai yang tidak bisa didaur ulang, kini tersedia kapas kain atau cotton pad yang berbahan katun atau sisa tekstil yang bisa digunakan berulang. Sudah banyak produk brand lokal yang mengedarkan kapas kain ini, lho! Untuk kalian yang ingin beralih ke kapas kain segera simak artikel ini, ya!

1. Demi Bumi

5 Kapas Kain Brand Lokal, Solusi untuk Mengurangi SampahDemi Bumi (demibumi.id)

Berbicara mengenai produk ramah lingkungan, memang Demi Bumi selalu menjadi yang terdepan. Dikenal sebagai produk yang banyak mengeluarkan barang-barang ramah lingkungan membuat Demi Bumi sangat terkenal di masyarakat. Salah satu barang yang dikeluarkan oleh Demi Bumi adalah kapas kain yang beraneka macam.

Kapas kain dari Demi Bumi merupakan produk upcycle dari sisa kain industri tekstil. Kapas kain ini dapat digunakan untuk menghapus riasan tanpa membuang-buang kapas sekali pakai. Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp20 ribu sampai Rp25 ribuan dengan berbagai motif yang bervariasi.

2. Foyya

5 Kapas Kain Brand Lokal, Solusi untuk Mengurangi SampahFoyya (Instagram.com/foyyastudio)

Selanjutnya adalah rekomendasi kapas kain dari Foyya. Ada 2 warna yang bisa dipilih, yaitu hitam dan putih. Kapas kain berwarna hitam digunakan sebagai penghapus makeup berat. Sedangkan yang putih untuk memakai toner, micellar water, atau mengompres wajah.

Bahan dasar dari kapas kain Foyya ini adalah sisa tekstil. Selain warna hitam dan putih tadi, Foyya juga memiliki kapas kain bercorak, lho! Harganya hanya dibandrol Rp45 ribu untuk isi 4. Cukup terjangkau!

3. Sustaination

5 Kapas Kain Brand Lokal, Solusi untuk Mengurangi SampahSustaination (Instagram.com/sustaination)

Kapas kain yang bisa dipakai berkali-kali juga diproduksi oleh Sustaination. Bagi kalian yang mencintai barang-barang ramah lingkungan mungkin tidak asing lagi dengan Sustaination yang menjual banyak sekali produk eco-friendly, salah satunya adalah kapas kain ini.

Kapas kain dari Sustaination dapat dibeli mulai jarga Rp12 ribu untuk satu kapas kain berukuran 6 cm. Sedangkan untuk harga bundle isi 5 seharga Rp55 ribu saja. Satu hal yang keren dari Sustaination adalah 1 persen dari hasil penjualan didonasikan untuk program penanaman pohon.

Baca Juga: 5 Barang Eco-Friendly untuk Coffee Shop-mu! 

4. Organicenter

5 Kapas Kain Brand Lokal, Solusi untuk Mengurangi SampahOrganicenter (Instagram.com/organicenter.id)

Kemudian ada Organicenter yang merupakan produk lokal dari Sidoarjo. Organicenter banyak memproduksi barang-barang ramah lingkungan, salah satunya adalah kapas kain. Keunikan dari kapas kain Organicenter ini adalah dibuat dengan teknik rajut sehingga membuat kapas semakin terasa lembut di wajah.

Harga untuk 1 kapas kain Organicenter hanya Rp8 ribuan dengan pilihan warna seafoam, milky white, dan peach. Selain kapas kain rajut, ada pula kapas kain berbentuk bulat berwarna putih polos dengan harga Rp5 ribuan. Sangat terjangkau!

5. Portare

5 Kapas Kain Brand Lokal, Solusi untuk Mengurangi SampahPortare (Instagram.com/portare_id)

Bagi kalian yang ingin kapas kain dengan harga terjangkau dengan budget kurang dari Rp5 ribu, kalian bisa banget memilih Portare. Harga untuk satu kapas kain Portare ini hanya Rp3 ribu saja! Dijamin murah banget!

Jangan takut akan kualitas dari Portare ini ya, sudah banyak ulasan di e-commerce milik mereka yang menuliskan bahwa kapas kainnya sangat lembut. Meskipun harganya sangat miring, tetapi kualitasnya tidak kalah saing dengan produk mahal.

Harga kapas kain dari 5 brand sangat bervariasi, mulai dari Rp3 ribuan sampai Rp25 ribuan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hal tersebut yang bisa dipertimbangkan oleh kalian secara pribadi.

Sebelum menggunakan kapas kain, ada baiknya kalian memerhatikan kebersihan sebelum dipakai, yaitu dengan cara dicuci dan direndam. Setelah digunakan juga pastikan kapas kain dibersihkan kembali dan dijemur sampai kering. Meskipun terdengar tidak praktis, tetapi masih lebih baik daripada menumpuk sampah kapas sekali pakai.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pembalut Kain dari Brand Lokal, Eco Friendly!

Annisah Nurrahmatillah Photo Verified Writer Annisah Nurrahmatillah

Mau bikin tulisan sampe banyak banget.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya