Comscore Tracker

5 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah, Gampang Bikinnya!

Nggak perlu biaya mahal untuk merawat kulit wajahmu

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mudah dijumpai di mana saja. Selain itu, harganya yang tergolong relatif murah membuat banyak orang memilih mengonsumsi buah satu ini. Bahkan buah pisang juga baik untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

Di samping mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh, ternyata buah pisang juga punya beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, lho. Dapat dijadikan sebagai masker wajah, berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat masker pisang untuk wajah. Penasaran?

1. Bisa melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar ultraviolet

5 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah, Gampang Bikinnya!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Dilansir Healthline, buah pisang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan alami kulitmu untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV matahari. Selain itu vitamin E dan C pada pisang juga mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan noda hitam pada kulit.

Namun, perlu diingat bahwa masker pisang tidak bisa menggantikan peran sunscreen, ya. Karena fungsi masker pisang hanya sekadar meningkatkan ketahanan kulit wajah kamu agar terhindar dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

2. Mengatasi jerawat dan mengurangi luka bekas jerawat

5 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah, Gampang Bikinnya!pixabay.com/Kjerstin_Michaela

Senyawa fenolik yang terdapat di dalam pisang rupanya mengandung antimikroba untuk mengobati lesi jerawat. Vitamin A pada buah pisang juga dapat membantu peradangan pada kulit yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat.

Berdasarkan laman Healthline, buah pisang dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit wajah dengan bantuan vitamin A dan C. Hal ini dapat meringankan bekas luka karena jerawat. Bahkan, vitamin A juga berfungsi untuk memudarkan bekas luka tersebut.

3. Bisa mencegah penuaan pada kulit wajah

5 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah, Gampang Bikinnya!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah merupakan manfaat dari masker pisang yang selanjutnya. Dengan kandungan silica yang terdapat di dalam buah pisang, maka masker pisang dipercaya mampu membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Selain itu, menurut laman Bellatory, kandungan asam amino pada pisang juga bisa mempertahankan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Di sisi lain, vitamin E juga dapat memperlambat proses penuaan kulitmu.

4. Membantu melembapkan kulit wajah

5 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah, Gampang Bikinnya!Freepik/pressfoto

Khususnya bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, masker pisang ini bisa jadi opsi buat kamu untuk membantu menjaga kulitmu tetap lembap dengan cara alami. Pasalnya, pisang mengandung potassium dan vitamin B-6 yang memiliki fungsi melembapkan kulit dan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

5. Mencerahkan kulit dan mengurangi noda hitam pada wajah

5 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah, Gampang Bikinnya!unsplash.com/Zulmaurysaavedra

Vitamin A dan E yang terkandung di dalam pisang bisa membantu memudarkan flek hitam atau kecokelatan, yang biasanya menunjukkan tanda-tanda penuaan pada kulit oleh karena paparan sinar matahari.

Nggak hanya itu, antioksidan juga bisa menangkal radikal bebas. Hal tersebut dapat membuat kulitmu terlihat lebih bercahaya. Vitamin E pun bisa memberi efek mencerahkan pada kulit wajah, lho.

Meskipun masker buah pisang ini diklaim aman untuk digunakan oleh berbagai jenis tipe kulit, namun kamu tetap harus memperhatikan apakah kamu punya alergi tertentu terhadap kandungan yang ada di dalam buah pisang atau bahkan terhadap pisang itu sendiri. Jika sudah yakin aman, kamu bisa mulai mencoba masker pisang ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit Sehat

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya