Comscore Tracker

Jadi Pengganti Aseton, Ini 5 Bahan Alternatif untuk Bersihkan Kuteks

Semuanya mudah dicari dan lebih aman

Mengaplikasikan cat kuku atau kuteks memang bisa membuat tampilan jari-jari makin menarik. Namun, ketika kuteks mulai tergores bahkan sedikit mengelupas, ini justru akan membuat tampilan jari-jari jadi kurang rapi sehingga kuteks harus segera dibersihkan.

Untuk membersihkan kuteks, kebanyakan orang menggunakan nail polish remover atau aseton. Akan tetapi, jika perlu segera membersihkan kuteks, tapi tidak memiliki nail polish remover atau aseton, kamu masih bisa kok memanfaatkan bahan-bahan lain yang ada di rumahmu. Apa sajakah itu? Mari, baca sampai akhir untuk tahu jawabannya.

1. Lemon

Jadi Pengganti Aseton, Ini 5 Bahan Alternatif untuk Bersihkan Kuteksunsplash.com/Louis Hansel

Lemon merupakan bahan alami yang biasa digunakan dalam manikur. Selain itu, lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan kuteks. Yang perlu kamu lakukan adalah merendam jari dalam campuran air hangat dan sabun selama sekitar 3 hingga 5 menit. Kemudian, gunakan irisan lemon untuk menggosok kuku. Ini akan membantu melembutkan kuteks agar mudah lepas.

2. Cuka

Jadi Pengganti Aseton, Ini 5 Bahan Alternatif untuk Bersihkan Kuteksinstagram.com/heinz_sg

Cuka merupakan bahan asam yang dapat mengurai cat kuku. Terlebih, cuka juga mudah ditemukan sehingga cocok dijadikan pengganti aseton. Yang perlu kamu lakukan adalah merendam kuku dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit untuk membantu mempercepat proses menghilangkan kuteks.

Campurkan jus lemon dan cuka dengan perbandingan yang sama, kemudian rendam bola kapas di dalamnya. Gunakan bola kapas untuk menekan kuku selama 10 sampai 20 detik. Hal ini menyebabkan enamel kuku larut dan menghilangkan semua sisa kuteks. Kemudian, gunakan bola kapas untuk menyeka cat. Untuk lapisan kuteks yang terlalu tebal, mungkin perlu beberapa kali pengulangan untuk menghilangkan seluruh sisa kuteks.

Baca Juga: Gak Harus Pakai Kuteks! Ini Bahan Alami yang Bisa Mempercantik Kuku

3. Deodoran

Jadi Pengganti Aseton, Ini 5 Bahan Alternatif untuk Bersihkan Kuteksunsplash.com/Roos Algera

Deodoran juga mengandung beberapa pelarut yang dapat berfungsi sebagai penghilang kuteks yang bagus. Namun, sebelum menggunakan deodoran untuk menghilangkan kuteks, pastikan kamu tidak alergi terhadap deodoran, khususnya deodoran semprot.

Kamu cukup menyemprotkan deodoran ke kuku. Pastikan kamu menyemprotkan dengan jarak yang tepat. Kemudian, segera bersihkan menggunakan bola kapas. Deodoran mengandung alkohol dan aseton yang akan membantu membersihkan kuku dan menghilangkan cat kuku dengan cepat.

4. Hand sanitizer

Jadi Pengganti Aseton, Ini 5 Bahan Alternatif untuk Bersihkan Kuteksnypost.com

Hand sanitizer juga dapat digunakan untuk membersihkan kuteks. Caranya, semprotkan sedikit hand sanitizer ke kuku, kemudian segera gosok dengan bola kapas. Ulangi proses ini sampai cat kuku mulai terlepas.

Akan tetapi, cara ini memiliki kekurangan, yaitu membuat kuku dan kulit di sekitar kuku menjadi kering.

5. Pasta gigi

Jadi Pengganti Aseton, Ini 5 Bahan Alternatif untuk Bersihkan Kutekspexels.com/PhotoMIX Company

Bahan umum dalam produk pasta gigi adalah soda kue, yang juga dikenal sebagai natrium bikarbonat. Bahan ini memiliki sifat abrasif yang ringan dan dapat membantu menghilangkan plak dari gigi saat menyikat. Selain itu, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kuteks. Caranya, oleskan pasta gigi pada kuku dan gosok dengan sikat yang lembut untuk mengendurkan kuteks. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Itulah sejumlah bahan pembersih kuteks yang bisa jadi alternatif pengganti aseton. Jadi, jika kamu perlu segera membersihkan kuteks dan tidak menemukan aseton atau nail polish remover, kamu bisa menggunakan bahan-bahan di atas

Baca Juga: Tanpa Kamu Sadari, Ini 5 Kesalahan Saat Memakai Kuteks 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya