Comscore Tracker

5 Tips Mencuci Hoodie dan Sweatshirt biar Gak Cepat Rusak

Ada yang belum kamu tahu?

Hoodie atau sweatshirt memiliki bahan cotton fleece yang lembut. Fashion item satu ini disukai karena nyaman digunakan sehari-sehari. Tak terbatas kalangan, baik muda maupun orang dewasa memakainya sebagai outfit kasual.

Meski perawatannya terbilang cukup mudah, namun bahan hoodie atau sweatshirt terkadang menyisakan bulu-bulu halus. Untuk itu, berikut kami berikan tips saat mencuci outfit jenis ini agar tidak mudah rusak.

1. Pisahkan hoodie atau sweatshirt dengan pakaian lain

5 Tips Mencuci Hoodie dan Sweatshirt biar Gak Cepat Rusakunsplash.com/Annie Spratt

Sebelum mencuci hoodie atau sweatshirt, pastikan hoodie kamu benar-benar kotor. Sama seperti mencuci jaket, hoodie sebetulnya dicuci hanya ketika sudah kotor atau dipakai seharian. Kamu bisa menggantungnya di kapstok luar lemari saat masih bersih. 

Langkah pertama mencuci hoodie adalah memisahkan dengan pakaian lain dan cuci dengan air dingin. Usahakan mesin cuci di-setting dengan pelan. Kamu bisa pakai sabun pencuci baju berjenis color-preserving yang tidak membuat warna luntur, serta hindari pemakaian pemutih ya!

2. Jangan terlalu lama direndam dengan detergen

5 Tips Mencuci Hoodie dan Sweatshirt biar Gak Cepat Rusakmaids.com

Sebelum dicuci, biasanya pakaian direndam dahulu dengan detergen. Dalam tahap ini, kamu tidak perlu merendam hoodie terlalu lama. Penggunaan detergen yang berlebihan juga tidak disarankan, terutama pada hoodie dengan printed. 

Namun jika hoodie yang kamu punya terdapat motif sablon, maka pastikan kamu sudah membalik sebelum mencuci. Apabila ada ritsleting di bagian depan, tutup dengan rapat sehingga tidak merusak bahan hoodie.

3. Tidak perlu memakai sikat

5 Tips Mencuci Hoodie dan Sweatshirt biar Gak Cepat Rusakpexels.com/Karolina Grabowska

Hoodie atau sweatshirt biasanya terbuat dari kain wol. Bahan ini mungkin terlihat tebal, namun sebenarnya juga mudah rusak. Supaya serat pada kain tidak melar, hindari penggunaan sikat, kamu bisa mengucek dengan tangan secara perlahan.

Jika menggunakan mesin cuci, maka bilas perlahan dengan kecepatan yang sedang. Jika ingin memeras dengan tangan, jangan terlalu keras karena bisa merusak permukaan hoodie atau sweatshirt kamu. 

Baca Juga: 10 Ide Mix and Match Hoodie ala Kpop Idol yang Swag dan Modis

4. Jemur dengan cara dibalik

5 Tips Mencuci Hoodie dan Sweatshirt biar Gak Cepat Rusakpexels.com/Karolina Grabowska

Untuk menjaga agar bahan permukaan hoodie tetap awet, jemurlah dengan cara terbalik. Sebelum menggantung pada jemuran, kamu bisa mengibaskannya agar tidak kusut setelah kering. 

Hoodie memiliki bahan yang halus dan ringan, sehingga bentuknya akan lebih mudah melar. Maka hindari penggunaan hanger ketika menjemur hoodie atau sweatshirt kamu, ya!

5. Simpan hoodie atau sweatshirt di tempat yang kering

5 Tips Mencuci Hoodie dan Sweatshirt biar Gak Cepat Rusakpexels.com/Francesco Paggiaro

Setelah dicuci dan disetrika, simpan hoodie atau sweatshirt dengan cara dilipat lalu masukkan di lemari. Menyimpan dengan cara dilipat akan membuat bahannya tetap awet dan seratnya tidak mudah merenggang.

Selain itu, kamu juga bisa memberi kamper agar tidak menimbulkan jamur. Simpan di tempat yang punya suhu udara dingin dan kering. Untuk memastikan aman, kamu bisa pakai garment bag sebagai pelindung.

Semoga tips di atas berguna untukmu, ya!

Baca Juga: 9 Inspirasi Padu Padan Hoodie dengan Hijab, Manis & Kekinian!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya