Comscore Tracker

Cara Menghilangkan Milia, Bintik Kecil di Wajah dengan Langkah Praktis

Kuncinya rutin membersihkan muka ya!

Milia atau bintil-bintil kecil di wajah muncul akibat sel kulit mati yang terjebak di bawah permukaan kulit. Bintil-bintil kecil ini biasanya ada di bagian bawah mata, pipi atas, dan dagu. Milia pada umumnya ditemui pada bayi, tapi juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Karena bentuknya yang terlihat jelas di bagian muka, milia kerap kali mengganggu penampilan meski biasanya akan hilang dengan sendiri dalam beberapa minggu.

Namun sebenarnya, noda ini juga bisa dihilangkan dari kulit dengan beberapa cara menghilangkan milia atau bintik kecil di wajah seperti di bawah ini!

1. Rutin membersihkan wajah

Cara Menghilangkan Milia, Bintik Kecil di Wajah dengan Langkah Praktisthelist.com

Menjaga kebersihan wajah adalah rutinitas yang wajib diperhatikan setiap hari agar kulit tetap bersih. Beberapa face wash mengandung asalm salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit akibat pertumbuhan sel kulit berlebihan seperti milia. 

Jika wajah selalu dalam keadaan bersih, ini akan membantu memperkecil bintil kecil dan akhirnya hilang. Setelah itu,  bersihkan dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit sehingga wajah jadi terhindar dari sel kulit mati dan kotoran yang terjebak di bawah permukaan kulit. 

2. Lakukan eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati

Cara Menghilangkan Milia, Bintik Kecil di Wajah dengan Langkah Praktisbrit.co

Eksfoliasi adalah teknik perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati, cara ini dapat menjaga keratin di kulit yang berlebih sehingga akan membantu kulit terbebas dari milia. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami ringan seperti scrub gula merah dengan minyak zaitun. 

Caranya cukup mudah, bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan scrub dan gosok secara perlahan pada bagian yang terkena milia. Biarkan selama 20 sampai 30 detik kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan eksfoliasi ini selama 2 kali dalam seminggu secara rutin.

3. Menyemprotkan air mawar

Cara Menghilangkan Milia, Bintik Kecil di Wajah dengan Langkah Praktismaviangel.com

Selanjutnya, cara menghilangkan milia adalah dengan menyemprotkan air mawar. Air mawar mengandung minyak mawar yang dapat menjadi zat antiradang apabila dioleskan ke kulit wajah. Semprotkan pada kulit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Cara ini dilakukan untuk membantu kulit wajah tetap terjaga kebersihannya sehingga bintil-bintil kecil seperti milia pada akhirnya berkurang dan menghilang. 

Baca Juga: 10 Makeup Look ala Seleb Oscar 2019, Elegan & Jadi Pusat Perhatian

4. Gunakan krim retinoid

Cara Menghilangkan Milia, Bintik Kecil di Wajah dengan Langkah Praktisdamdamofficial.com

Krim retinoid mengandung nutrisi baik seperti vitamin A yang berfungsi untuk menyingkirkan milia. Gunakan produk yang mengandung retinol rutin dan jangan lupa untuk memakai tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Sunblock dapat menyeimbangkan krim retinoid yang peka terhadap kerusakan bila terpapar sinar matahari. Ini akan meringankan iritasi kulit yang disebabkan oleh milia. 

5. Memakai masker madu manuka

Cara Menghilangkan Milia, Bintik Kecil di Wajah dengan Langkah Praktismanukadoctor.com

Selain eksfoliasi yang berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati, masker madu manuka jadi alternatif lain untuk mengurangi peradangan akibat bakteri atau iritasi kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika madu dicampur dengan kulit kayu manis, ini cukup efektif dalam menangkal bakteri penyebab jerawat. Ini juga berlaku pada milia yang mengganggu bentuk permukaan kulit. 

Cara memakainya cukup dengan mencampurkan 3 atau 4 sendok makan madu manuka dan 1 sendok makan kayu manis, panaskan selama 30 detik pada microwave dan oleskan lapisan tipis campuran ke wajah. Diamkan selama 10 menit dan bilas wajah dengan air dingin face wash hingga bersih. 

Jadi itulah tadi beberapa tips atau cara menghilangkan milia bintik kecil di wajah dan mengurangi akibat seperti peradangan pada kulit. Lakukan metode berikut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang nyata sampai milia hilang ya!

Baca Juga: 6 Tips Makeup Jitu buat Kamu Si Sawo Matang, Dijamin Makin Glowing!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya