Comscore Tracker

Perut Kendor Setelah Melahirkan? Ini 5 Cara Agar Perut Kencang Kembali

Yuk musnahkan gelambir di perut yang ganggu penampilan!

Hamil dan melahirkan anak yang sehat adalah kebahagiaan tak terhingga bagi para ibu. Namun sayangnya ada perasaan sedih saat melihat bentuk tubuh yang tak sama seperti sebelum melahirkan, salah satunya adalah perut yang menjadi kendor dan bergelambir.

Perut menjadi kendor dan bergelambir setelah melahirkan membuat kebanyakan wanita menjadi kurang percaya diri. Butuh waktu cukup lama untuk mengembalikan perut ke kondisi semula, sekitar tiga sampai enam bulan setelah melahirkan.

Dan gaya hidup mempengaruhi seberapa lama gelambir itu akan ada di perut kalian. Yuk jaga dan terapkan lima cara ini agar perut kembali kencang dengan cepat!

1. Minum banyak air

Perut Kendor Setelah Melahirkan? Ini 5 Cara Agar Perut Kencang Kembaliverywellfamily.com

Setiap artikel yang membahas tentang kesehatan kulit pasti akan selalu menyuruhmu untuk minum banyak air. Hal ini karena dengan minum banyak air membantu kulitmu tetap terhidrasi dengan baik sehingga ia menjadi lebih sehat dan kencang.

Selain itu air juga membantu dalam membakar lebih banyak kalori dalam tubuh dan mencegah retensi air di perutmu. Ia juga dapat membantu membangun kolagen yang sangat penting bagi elastisitas kulit.

2. Konsumsi makanan sehat kaya protein dan vitamin C

Perut Kendor Setelah Melahirkan? Ini 5 Cara Agar Perut Kencang Kembalimomjunction.com

Setelah melahirkan banyak wanita yang berpikiran untuk melakukan diet dan mengonsumsi makanan sesedikit mungkin. Namun ini adalah hal yang salah dan tak boleh kamu lakukan sebagai ibu yang menyusui. Kamu membutuhkan makanan sehat yang seimbang untuk menghasilkan ASI yang berkualitas.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak protein, karena protein sangat penting untuk pertumbuhan otot dan kolagen yang membantu mengencangkan kulit. Selain itu mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya vitamin C juga dapat meningkatkan produksi elastin pada kulit.

Baca Juga: Ibu Jangan Stres! Ini 5 Cara Memaafkan Diri Saat Tidak Bisa Menyusui

3. Lakukan olahraga dan latihan rutin

Perut Kendor Setelah Melahirkan? Ini 5 Cara Agar Perut Kencang Kembalimnn.com

Olahraga adalah hal yang penting untuk mengembalikan tubuh seperti semula. Lalu kapan waktu yang tepat untuk memulai latihan atau olahraga setelah melahirkan? Wanita yang melahirkan normal umumnya bisa mulai melakukan olahraga seminggu setelah melahirkan, sedangkan untuk yang melahirkan secara caesar memerlukan waktu enam sampai delapan minggu.

Lakukan latihan atau olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, kegel, sit up, dan olahraga lainnya yang dapat membakar lemak. Kalian juga bisa melakukan yoga dan pilates untuk membantu mengencangkan kembali otot-otot perut yang kendor.

Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat, karena dapat membuat dirimu cidera. Yang terbaik adalah menurunkan berat badan secara bertahap namun mantap untuk menjaga elastisitas kulit. 

4. Oleskan minyak nabati, krim, dan lotion

Perut Kendor Setelah Melahirkan? Ini 5 Cara Agar Perut Kencang Kembalistillpointaromatics.com

Sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi pada beberapa minyak nabati, seperti minyak almond, minyak jarak, minyak zaitun, dan yang lainnya dapat membantu perbaikan kulit. Pengelupasan kulit dengan minyak essential membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan menggantinya dengan kulit baru.

Penggunaan krim dan lotion pengencang kulit juga dapat membantu menyehatkan kembali kulit dengan mengembalikan elastisitasnya. Hal ini karena krim atau lotion tersebut memang diformulasikan dengan bahan-bahan seperti kolagen, vitamin C, dan retinoid yang penting dalam meningkatkan elastisitas kulit.

5. Menyusui

Perut Kendor Setelah Melahirkan? Ini 5 Cara Agar Perut Kencang Kembalicarilionclinicliving.com

Menurut penelitian menyusui dapat menurunkan berat badan ibu setelah melahirkan lho! Kok bisa, padahal kan saat menyusui nafsu dan porsi makan kita malah bertambah besar? Hal ini karena saat menyusui, kalori yang kamu konsumsi akan terbakar sebanyak 300-500 kalori setiap harinya.

Selain itu menyusui dapat membantu mempercepat proses pengecilan kembali rahimmu. Sehingga perutmu akan lebih ramping dan kembali ke bentuk semula. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk para ibu memberikan ASI ekslusif bagi bayi mereka agar bayi sehat dan bentuk tubuhmu kembali seperti semula.

Nah itulah lima cara yang dapat lakukan untuk mempercepat menghilangkan gelambir di perut dan membantunya kembali kencang seperti semula. Yuk berjuang bersama menghilangkan gelambir di perut agar percaya diri semakin meningkat!

Baca Juga: 10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tua

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya