Comscore Tracker

6 Persiapan Melahirkan Anak Pertama Lahir Secara Normal

Meminimalisir lahir cesar

Wanita dapat mempersiapkan persalinan jauh-jauh hari agar proses melahirkan berjalan dengan normal dan lancar. Sehingga penting bagi mereka mengetahui hal apa saja yang sebaiknya dilakukan dan dilarang selama masa kehamilan. Kehati-hatian ini demi menjaga kesehatan ibu hamil dan calon buah hatinya.

Agar proses kelahiran anak pertamamu berjalan normal, lakukanlah beberapa persiapan melahirkan di bawah ini, girls.

1. Menjaga kebugaran tubuh selama hamil

6 Persiapan Melahirkan Anak Pertama Lahir Secara NormalPexels.com/Jeshoots

Kondisi badanmu selama hamil sangat mempengaruhi kelancaran persalinan nantinya. Untuk itu, jagalah tubuhmu agar selalu fit terlebih jelang melahirkan.

Aktiflah melakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan di sekitar rumah, senam, dan berenang. Rajinlah konsultasi dengan dokter tentang kegiatan apa saja yang dianjurkan untuk ibu hamil sepertimu.

2. Mengonsumsi makanan sehat

6 Persiapan Melahirkan Anak Pertama Lahir Secara NormalPexels.com/Pixabay

Selama hamil konsumsilah makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti sayuran, buah-buahan, daging, susu, dan ikan.

Ibu hamil yang tercukupi gizinya menjadikan daya tahan tubuhnya lebih kuat hingga masa persalinan, termasuk bayi yang sedang dikandungnya. Makanan sehat juga meminimalisir keluhan dan risiko buruk selama masa kehamilan.

3. Rajin menggerakkan otot-otot tubuh

6 Persiapan Melahirkan Anak Pertama Lahir Secara NormalPexels.com/Freestocks

Gerakan melatih otot seperti senam hamil dan jalan-jalan kecil akan mempermudah persalinanmu secara normal.

Lakukan juga gerakan ringan pada kepala, dahi, dan hidung, tangan, lutut, dan jari-jari kaki hingga menyentuh lantai. Cara ini akan mendorong bayi menemukan posisi terbaik serta menghindari kelahiran sungsang.

4. Menjaga berat badan

6 Persiapan Melahirkan Anak Pertama Lahir Secara NormalPexels.com/Pixabay

Meskipun kamu membutuhkan nutrisi selama hamil, tetap aturlah pola makanmu agar terhindar dari berat badan yang berlebih. Kelebihan berat badan pada ibu hamil dapat menghambat persalinan secara normal karena terjadi komplikasi pada tubuhmu jelang melahirkan.

Pola makan yang yang kurang teratur juga dapat membuat bayi di dalam kandungan tumbuh membesar yang dapat menyebabkan bayi sulit lahir secara normal.

5. Jangan biarkan tubuh terlalu lelah

6 Persiapan Melahirkan Anak Pertama Lahir Secara NormalPexels.com/Pixabay

Kelelahan pada ibu hamil terlebih menjelang persalinan akan mengganggu proses kelahiran anak. Kurangnya tenaga karena lelah juga dapat membuatmu kurang maksimal saat melahirkan.

Untuk itu, istirahatlah yang cukup serta dibarengi dengan pemberian nutrisi makanan yang baik sebagai persiapan persalinan. Hindari dulu kegiatan-kegiatan yang menguras tenaga atau membuatmu kelelahan.

6. Memilih tenaga profesional

6 Persiapan Melahirkan Anak Pertama Lahir Secara NormalPexels.com/Pixabay

Penting bagi ibu hamil selektif mencari tenaga profesional untuk membantu persalinannya. Penanganan yang baik dari ahli dapat meminimalisir risiko buruk pada ibu maupun bayi yang dilahirkan.

Selain itu, mereka juga tahu bagaimana menangani kelahiran ibu hamil agar berjalan normal dan lancar. Kehadiran tenaga ahli juga dapat mengurangi kemungkinan operasi cesar pada sang ibu.

Setelah melakukan persiapan melahirkan di atas, semoga nanti calon bayimu dapat lahir dengan normal dam sehat ya girls?

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A curious woman, sharing for healing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wendy Novianto

Just For You