Comscore Tracker

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dan Kenali 7 Penyebabnya!

Sudah tahu belum?

Cairan putih yang keluar dari vagina ini sebenarnya tidak perlu dicemaskan. Kecuali jika kamu mengalami keputihan yang tidak normal dan gatal, baru kamu boleh was-was dan segera memeriksakannya. Supaya kamu gak salah paham, kamu harus tahu kenapa kamu bisa mengalami proses ini.

Di bawah ini IDN Times akan kasih solusi bagaimana cara mengatasi keputihan dan kenali 7 penyebabnya. Lebih baik, kamu peka terhadap keputihan seperti apa yang kamu alami agar bisa mencegah hal-hal buruk terjadi.

1. Usia.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dan Kenali 7 Penyebabnya!unsplash

Karena keputihan biasanya terjadi pada masa subur yaitu sebelum dan sesudah menstruasi, maka seharusnya keputihan terjadi pada wanita di usia remajanya yaitu 13 tahun.

Keputihan yang normal berfungsi untuk mengeluarkan bakteri dan membersihkan sel-sel mati. Jadi kalau kamu mengalami keputihan di usiamu yang masih terlalu muda, itu bisa jadi indikator infeksi.

2. Aktivitas seksual yang berlebihan.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dan Kenali 7 Penyebabnya!clinicaladvisor.com

Aktivitas seks yang berlebihan menyebabkan sel-sel mati meningkat dan otomatis meningkatkan keputihan juga.

Sebaiknya kamu melakukan hubungan seksual dengan bertanggung jawab dan tidak berlebihan agar kamu tidak perlu berurusan dengan meningkatnya keputihanmu.

3. Berendam di air hangat terlalu lama.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dan Kenali 7 Penyebabnya!Google

Kondisi hangat menyebabkan pertumbuhan jamur yang semakin luas. Jika kamu ingin berendam, maka sebaiknya tidak sampai berjam-jam karena itu akan membuat produksi keputihanmu semakin banyak.

4. Pantiliner.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dan Kenali 7 Penyebabnya!parents.com

Menggunakan pantiliner bisa menghalangi aliran udara ke vaginamu yang menyebabkannya menjadi lembab dan berkeringat.

Pada akhirnya kamu hanya akan mendapat keputihan yang lebih banyak jika kamu membiarkannya dalam kondisi itu. Lebih baik, kamu mengurangi penggunaan pantiliner.

Baca Juga: 6 Mitos & Fakta Soal Keputihan, Kamu Sudah Tahu?

5. Menggunakan celana dalam terlalu ketat.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dan Kenali 7 Penyebabnya!huffingtonpost.com

Sebenarnya, vagina tidak diperbolehkan terlalu lembab karena bisa menyebabkan jamur. Jika kamu keputihan berlebihan, sebaiknya kamu cek celana dalam model apa yang kamu pakai. Kurangi pakai dalaman yang terlalu ketat bisa membantumu mengurangi keputihanmu.

6. Stres.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dan Kenali 7 Penyebabnya!pixabay/JESHOOTScom

Karena keputihan berhubungan dengan hormon, maka bisa jadi stres dan kelelahan menjadi penyebab kamu sering mengalami keputihan.

Gangguan hormonal akan menyebabkan gangguan keseimbangan pH vagina sehingga keputihanmu jadi berlebihan.

7. Gejala penyakit.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita dan Kenali 7 Penyebabnya!plushcare.com

Jika kamu mengalami keputihan yang banyak dan terus-menerus, itu bisa jadi karena vaginamu tidak sehat. Jika kamu mengalami keputihan yang tidak biasanya, berbau amis, gatal dan terdapat bercak darah bukan di periode menstruasimu, sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter.

Itu tadi penyebab kenapa kamu bisa keputihan dan bagaimana cara mengatasi keputihan dengan mudah. Jangan menganggap enteng keputihan tapi juga jangan terlalu parno. Tetap peka terhadap kesehatan vaginamu demi kebaikan dirimu sendiri, ya!

Baca Juga: 7 Tanda Keputihanmu Tidak Normal, Cewek Perlu Waspada!

Topic:

  • Wendy Novianto

Just For You