Comscore Tracker

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!

#IDNTimesLife Lebih baik cegah kesalahannya dari sekarang!

Pelembap adalah satu produk skincare yang wajib masuk dalam rangkaian perawatan wajahmu. Kalau kamu pakai pelembap dengan teknik yang tepat, kondisi kulitmu pun akan lebih terawat.

Berikut telah IDN Times rangkum beberapa kesalahan yang umum dilakukan orang-orang saat memakai pelembap wajah. Pengen tahu apa saja poin-poinnya?

1. Kamu mengaplikasikannya pada wajah yang kering

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@shvetsa

Kamu sebaiknya pakai pelembap sesaat setelah mencuci wajah. Tepatnya, saat kondisi kulit sudah lembap secara alami.

Dilansir Prevention.com, Mona Gohara seorang seorang profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine memberi saran khusus untuk ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu disarankan untuk mengoleskan pelembap wajah favoritmu untuk mengunci hidrasi pada kulit sebelum menguap.

"Kurangnya kandungan air pada wajah membuat kulit tampak kurang bercahaya dan lebih kendur," kata Dr. Mona pada soulstory.co.

2. Kamu berasumsi bahwa produk yang lebih mahal otomatis punya kualitas yang lebih baik

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@mikhail-nilov

Saat membeli produk skincare yang tepat, ada banyak pertimbangan yang bisa kamu buat. Salah satunya berkaitan dengan harga produk yang dijual di pasaran.

Kamu gak perlu memaksakan diri untuk membeli produk termahal yang bisa kamu temukan. Sebab, harga produk pelembap gak selalu berbanding lurus dengan kualitas yang diberikannya.

Yang penting, sesuaikan produknya dengan kondisi kulit. Selain itu, perhatikan masing-masing bahan yang terkandung di dalamnya dengan saksama.

3. Kamu gak memakai pelembap saat merasa kulitmu sedang berminyak

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@pavel-danilyuk

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan adalah gak menggunakan pelembap saat kondisi kulit sedang berminyak. Yang perlu kamu ketahui, kulit berminyak juga butuh produk pelembap tambahan, lho!

Untuk menghindari sensasi kulit yang lengket atau terlalu greasy, para pemilik kulit berminyak bisa cari produk yang oil-free dan punya kandungan yang ringan.

4. Kamu gak memakai produknya dengan lembut

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@olly

Supaya kulit tetap kencang dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, kamu perlu perhatikan poin ini nih! Hindari mengaplikasikan pelembap wajah dengan  gerakan yang terlalu kasar.

Sebagai saran, aplikasikan pelembap dengan lembut menggunakan gerakan memutar. Pastikan setiap area wajah telah ter-cover dengan produknya.

5. Kamu gak memakai pelembap dengan merata di seluruh area wajah, termasuk leher

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@sora-shimazaki

"Kebanyakan orang gak aware dengan pentingnya menjaga hidrasi kulit," tutur Dr. Joyce Imahiyerobo-Ip. Direktur dari Direktur Dermatologi Kosmetik di South Shore Medical Center, Massachusetts, AS menyampaikannya pada wawancaranya dengan Soulstory.co.

Kulit yang dehidrasi bisa meningkatkan potensi masalah kesehatan kulit seperti inflamasi atau tanda-tanda penuaan dini.

Untuk merawat kulit dengan lebih maksimal, kamu juga perlu mengaplikasikan pelembap di area leher. Sebab, banyak orang yang gak menyadari pentingnya untuk menjaga kelembapan di area tersebut.

Dilansir Realsimple.com, area kulit leher juga bisa menipis dan lebih sensitif dari kulit wajahmu. Karena itu perubahan-perubahan tertentu juga bisa dilihat di sana. Mulai dari perubahan pigmentasi, elastisitas, tekstur, dan kerutan.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Keramas, Sudah Tahu Belum?

6. Kamu menggunakan produk pelembap yang keliru

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@olly

Seperti pemakaian produk skincare lainnya, kamu harus memastikan produk pelembap yang kamu pakai itu cocok dengan kondisi kulitmu. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang bisa menimbulkan reaksi negatif pada kulit.

Perubahan pada kondisi kulit wajah yang terjadi sepanjang waktu juga penting untuk diperhatikan. Apabila kondisi wajah dan permasalahan kulitmu berubah, kamu juga perlu mencari ingredients yang lebih cocok pada kulit wajah.

Perhatikan bagaimana respons kulitmu setelah pakai pelembap baru. Apakah kulitmu jadi kering, kusam, dan flaky? Itu berarti kamu butuh cari pelembap yang kandungannya lebih rich dan menghidrasi.

Sedangkan jika kulitmu jadi terlalu greasy, berminyak, atau tersumbat pori-porinya. Itu berarti kamu harus cari produk lain yang formulanya lebih ringan.

7. Kamu gak konsisten menggunakan pelembap

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@sora-shimazaki

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus rutin dan konsisten menggunakan setiap produk skincare. Aturan ini juga berlaku dalam penggunaan pelembap wajah. Oleh karena itu, rutinlah memakai pelembap dua kali dalam sehari untuk memastikan kelembapannya tetap terjaga.

8. Kamu menggunakan pelembap sebagai pengganti eye cream

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@sora-shimazaki

Kulit di area sekitar mata itu lebih sensitif dan butuh produk yang sudah diformulasikan secara khusus.

Hal ini diutarakan oleh seorang dokter kulit dari Amerika Serikat Debra Jaliman pada prevention.com, "Kulit kelopak mata itu sangat tipis sehingga bahannya benar-benar bisa menembus hingga bola mata di bawahnya".

Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan produk eye cream khusus untuk merawat kulit di area mata.

9. Kamu gak memakai produk pelembap dengan takaran yang cukup

9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!pexels.com/@cottonbro

Kesalahan terakhir yang mungkin pernah kamu lakukan adalah memakai pelembap dengan takaran yang kurang cukup. Untuk mendapat hasil yang optimal, kamu biasanya cukup pakai pelembap sebesar ukuran kacang polong.

Gunakan takaran yang pas untuk mengunci kelembapan kulit tetap terjaga pada seluruh area kulit wajah.

Itu dia beberapa kesalahan memakai pelembap yang perlu kamu hindari. Mulai saat ini jangan gunakan teknik-teknik di atas, ya!

Baca Juga: 6 Kesalahan Memakai Serum yang Sering Dilakukan Orang, Jangan Mubazir!

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya