Comscore Tracker

6 Kesalahan Memakai Serum yang Sering Dilakukan Orang, Jangan Mubazir!

#IDNTimesLife harus dihindari biar pemakaiannya gak sia-sia

Serum adalah salah satu produk perawatan kulit wajah yang penting. Umumnya, serum memiliki bahan aktif yang lebih tinggi konsentrasinya dibandingkan skincare lain sehingga serum mampu secara efektif mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah yang spesifik.

Namun, pemakaian serum yang keliru bisa mengurangi keefektifan produknya. Coba perhatikan 6 kesalahan memakai serum wajah ini. Apakah ada kesalahan yang sering kamu lakukan?

1. Kamu menggunakan serum sebagai pengganti pelembap

6 Kesalahan Memakai Serum yang Sering Dilakukan Orang, Jangan Mubazir!pexels.com/@cottonbro

Meski ada juga produk serum yang berfungsi untuk menambah kelembapan di kulit wajah, bukan berarti kamu bisa menggunakan serum sebagai pengganti pelembap.

Dikutip dari besthealthmag.ca, dr. Mike Bell selaku skincare scientific advisor dari Boots UK mengatakan, "Orang kadang kurang paham apa fungsi pelembap dibandingkan serum, lalu kapan harus menggunakannya serta bagaimana cara memakainya."

Selain itu, Bell juga mengatakan bahwa serum biasanya memang memiliki active ingredients yang tinggi dan cocok dipakai untuk mengatasi suatu permasalahan kulit yang khusus.

Akan tetapi, pelembap juga memiliki manfaatnya tersendiri seperti melembapkan dan menjaga skin barrier. Manfaat tersebut gak bisa digantikan begitu saja dengan penggunaan serum.

2. Kamu menggunakan serum dengan urutan yang salah dalam rangkaian skincare

6 Kesalahan Memakai Serum yang Sering Dilakukan Orang, Jangan Mubazir!pexels.com/@shiny-diamond

Selain itu, penting juga memperhatikan urutan penggunaan skincare. Biasanya, urutannya dimulai dari jenis produk yang sifatnya lebih ringan dan mudah meresap. Kemudian, dilanjutkan kepada produk yang teksturnya lebih berat.

Jadi, sebaiknya kamu tidak menumpuk penggunaan serum setelah mengaplikasikan pelembap yang lapisannya lebih tebal. Masih menurut Mike Bell, "Kalau kamu sudah memakai pelembap pada kulit, lalu baru memakai serum, maka serum itu jadi lebih susah masuk ke dalam kulit."

Karena serum umumnya memiliki formula yang lebih ringan, kamu bisa menggunakan serum terlebih dahulu dalam rangkaian skincare. Tunggu sampai produknya meresap dengan sempurna ke dalam kulit, lalu lanjutkan pengaplikasian skincare yang lain.

3. Kamu menggunakan serum dengan jumlah yang keliru

6 Kesalahan Memakai Serum yang Sering Dilakukan Orang, Jangan Mubazir!pexels.com/@shiny-diamond

Masing-masing produk skincare memiliki takaran khusus. Takaran serum sendiri biasanya sebesar butiran kacang polong. Karena itulah, sebenarnya efektivitas serum gak ditentukan dari seberapa banyak takaran produk yang kamu gunakan saja.

Malahan menurut Bell dalam wawancaranya dengan Best Health, hal tersebut bisa membuatmu lebih boros tanpa menambah manfaat serum secara maksimal.

Namun, kamu juga gak perlu bersikap terlalu perhitungan dengan penggunaan serum. Jadi, jangan terlalu diirit-irit juga, ya! Ikuti saja standar takaran skincare-nya.

Baca Juga: 5 Jenis Serum Wajah yang Sebaiknya Digunakan pada Pagi Hari

4. Kamu gak konsisten dan teratur dalam menggunakan serum

6 Kesalahan Memakai Serum yang Sering Dilakukan Orang, Jangan Mubazir!pexels.com/@shiny-diamond

Kunci dari keberhasilan skincare itu terletak dari seberapa konsisten kamu menggunakannya. Hal ini juga berlaku untuk pemakaian serum, lho!

Kebanyakan serum wajah yang dijual di pasaran, memang memiliki harga yang lumayan tinggi dibandingkan produk skincare lainnya. Akan tetapi, hal itu gak seharusnya dijadikan alasan untuk gak rutin menggunakannya.

Serum adalah bagian dari rangkaian perawatan wajah yang kamu lakukan sehari-hari. Jadi, penggunaan yang lebih rutin juga akan berdampak lebih baik bagi kulit wajahmu!

Namun, perhatikan juga jenis serum yang kamu pakai. Misalnya, kalau serum wajah itu sifatnya mengeksfoliasi seperti serum AHA BHA, kamu bisa pakai sebanyak 2-3 kali saja dalam kurun waktu seminggu.

5. Kamu memilih produk serum yang gak sesuai kondisi dan kebutuhan kulitmu

6 Kesalahan Memakai Serum yang Sering Dilakukan Orang, Jangan Mubazir!pexels.com/@shvetsa

Sebelum belanja produk tertentu, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Selain membaca ulasan dari para penggunanya, kamu juga harus perhatikan apakah produk tersebut akan cocok kamu gunakan.

Sama juga ketika kamu akan membeli serum, kamu harus tahu apa saja bahan aktif yang terkandung di dalam produknya. Lalu, apakah kandungan tersebut cocok denganmu.

Dikutip dari bebeautiful.in, pastikan untuk memilih produk dengan konsentrasi bahan aktif dan formula yang sesuai dengan tipe kulit dan permasalahan kulit yang kamu hadapi. 

Kalau sudah sesuai dengan skin concern dan skin goals, kamu bisa memilih produk tersebut dengan lebih yakin. Sebab, memilih serum yang keliru juga bisa berdampak buruk pada kulitmu.

6. Kamu mengaplikasikan serum dengan cara yang salah

6 Kesalahan Memakai Serum yang Sering Dilakukan Orang, Jangan Mubazir!pexels.com/@rodnae-prod

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah mengaplikasikan serum dengan cara yang keliru. Kamu sebaiknya gak memakai serum dengan mengoleskannya saja ke kulit wajah.

Alih-alih dioles, tepuk-tepuk produknya dengan lembut dan ratakan ke seluruh bagian kulit wajah. Setelahnya, tunggu sampai formula serumnya meresap ke dalam kulit.

Itu 6 kesalahan menggunakan serum yang sering dilakukan. Kalau kamu pernah melakukannya, mulai sekarang perbaiki kebiasaan skincare-mu, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Serum Vitamin C, Tumpas Jerawat hingga Mencerahkan Wajah

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya