Comscore Tracker

5 Tips Mudah Bermain Sepeda BMX untuk Pemula, Pasti Bisa!

Yang mau menjajal hobi BMX wajib baca!

Sepeda BMX atau Bicycle Moto-X merupakan salah satu jenis sepeda yang digunakan untuk perlombaan kecepatan dan akrobatik. Permainan BMX banyak ditemui di kawasan urban di area skateboarding dan area sirkuit motor trail.

Karena tergolong olahraga yang susah dan berisiko besar, BMX banyak dimainkan olah anak-anak muda, yang suka dengan adrenalin dan tantangan. Tiap tahun sepeda BMX peminatnya terus bertambah,  akan tetapi para pemula banyak yang belum memahami betul bagaimana langkah-langkah yang harus diperhatikan pada saat pertama kali mencoba.

Biar kamu gak salah, berikut ini ada lima tips mudah bermain sepeda BMX bagi pemula. Apa saja? Simak ulasannya sampai selesai, ya!

1. Siapkan sepeda dan perlengkapan pendukung

5 Tips Mudah Bermain Sepeda BMX untuk Pemula, Pasti Bisa!ilustrasi permainan sepeda BMX (unsplash.com/artcaztik)

Sudah pasti sebelum mencoba olahraga BMX kalian perlu menyiapkan sepeda dan beberapa perlengkapan pendukung lainnya. Sepeda BMX mempunyai bentuk yang berbeda dangan sepeda roadbike, MTB atau juga commuter. Desainnya lebih kecil dan untuk tingginya lebih pendek. Hal tersebut berguna agar stabilitas saat melakukan atraksi akrobatik lebih terjaga. 

Berikutnya, sebagai standar kemanan kalian wajib menggunaan helm, sepatu, pelindung siku dan lutut, serta kaus tangan. Akan tetapi hal-hal tersebut acap kali dilupakan oleh pemain BMX karena merasa sudah ahli, padahal hal itu sangat berbahaya.

2. Tentukan trek yang akan digunakan

5 Tips Mudah Bermain Sepeda BMX untuk Pemula, Pasti Bisa!ilustrasi permainan sepeda BMX (unsplash.com/evamonda)

Ada 2 jenis permainan dalam BMX, yaitu kecepatan dan akrobatik. Untuk kecepatan biasanya menggunakan medan tanah seperti trek motor trail, yang memiliki gundukan-gundukan.

Sementara, untuk BMX akrobatik medan atau trek yang digunakan adalah paving atau jalan yang biasanya dipakai untuk skateboarding.  Sebelum kalian mencoba, alangkah baiknya kalian menentukan dulu jenis BMX dan medan apa yang bakal kalian pilih.

3. Lakukan latihan secara rutin agar terbiasa

5 Tips Mudah Bermain Sepeda BMX untuk Pemula, Pasti Bisa!ilustrasi permainan sepeda BMX (unsplash.com/SantiagoPazosBordon)

Ada pepatah yang mengatakan 'bisa karena terbiasa', hal itu bernar adanya. Dan, itu cocok apabila kalian ingin menekuni sesuatu bidang, salah satunya permainan sepeda BMX. Semakin sering kalian berlatih maka kemampuan kalian untuk melakukan atraksi akrobatik ataupun balapan akan semakin terasah dengan baik.

Bukan tidak mungkin kalian juga bisa meraih prestasi dalam ajang BMX, apabila kalian rajin untuk berlatih. Bila kalian sudah makin mahir, sangat memungkinkan untuk bertanding di kejuaraan, baik skala nasional atau internasional.

Baca Juga: 5 Tips Aman Bermain Slacklining, Seru dan Bikin Deg-degan!

4. Belajar melakukan trik-trik sederhana

5 Tips Mudah Bermain Sepeda BMX untuk Pemula, Pasti Bisa!ilustrasi permainan sepeda BMX (unsplash.com/KeaganHenman)

Pada permulaan mencoba BMX jangan terobsesi atau berkeinginan langsung bisa mencoba banyak gerakan akrobatik yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Hal tersebut dilarang karena akan membahayakan keselamatan kalian.

Awali permainan BMX kalian dengan menjaga keseimbangan, membentuk chemistry dengan sepeda dan lintasan dan mulai mencoba trik-trik sederhana. Trik-trik sulit akan bisa dilakukan apabila trik sederhana sudah kalian kuasai dengan betul. 

5. Lakukan latihan bersama teman atau pelatih yang berpengalaman

5 Tips Mudah Bermain Sepeda BMX untuk Pemula, Pasti Bisa!ilustrasi permainan sepeda BMX (unsplash.com/Bevis G)

Ketika memulai  BMX usahakan kalian mengajak teman atau pelatih yang berpengalaman. Hal itu menjadi penting karena, bagi pemula kalian amat butuh arahan dan bimbingan agar ketika bermain BMX benar-benar sesaui dengan aturan yang berlaku. Selain itu, dengan melibatkan teman-teman tentu aktivitas bermain BMX kan tambah seru dan apabila terjadi hal buruk teman kalian bisa menolong kalian.

Itulah lima tips mudah bermain BMX untuk pemula, dengan rutin dan semangat berlatih serta menggunakan perlengakapan yang memadai, pasti kalian akan cepat mahir bermain BMX. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Hal Menarik yang Bikin Caving Jadi Hobi Wajib Coba!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya