Comscore Tracker

5 Cara Mudah Melakukan Facial Wajah di Rumah, gak Perlu Bayar Mahal!

Yuk, manjakan dirimu dengan perawatan wajah yang satu ini!

Sejak pandemik corona terjadi, banyak kegiatan di luar rumah yang terpaksa harus kamu hentikan agar tidak mempercepat penyebaran virus. Bahkan, kamu pun dianjurkan untuk melakukan perawatan tubuh di rumah selama pandemik. Salah satunya ketika harus melakukan facial wajah. 

Jangan kahawatir, ternyata facial wajah bisa kok kamu lakukan di rumah. Selain lebih aman, kamu juga gak perlu bayar mahal. Simak, panduan lengkapnya di bawah ini yuk, Bro! Keep reading.

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

5 Cara Mudah Melakukan Facial Wajah di Rumah, gak Perlu Bayar Mahal!IDN Times/Mardya Shakti

Sebelum facial wajah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah. Gunakan lap basah terlebih dahulu, kemudian taruh sabun di spons lembut atau alat pembersih wajah otomatis yang dilengkapi tekstur gerigi halus. Pakai sabun pembersih dengan tekstur yang ringan. Lalu, gosok seluruh permukaan wajah selama 3-5 menit. 

2. Eksfoliasi sel kulit mati dan sisa kotoran secara optimal

5 Cara Mudah Melakukan Facial Wajah di Rumah, gak Perlu Bayar Mahal!independent.co.uk

Sekarang, waktunya untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan sisa kotoran pada wajah, Bro. Kamu bisa memilih bahan alami atau skincare yang biasa kamu pakai sebagai bahan utamanya. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan bantuan kapas atau langsung dengan tangan. Maksimalkan proses ini agar semua kotoran bisa terangkat dan tidak menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. 

Baca Juga: Bro, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Facial Wash

3. Beri uap hangat pada wajah

5 Cara Mudah Melakukan Facial Wajah di Rumah, gak Perlu Bayar Mahal!IDN Times/Mardya Shakti

Kamu juga bisa memanjakan kulit wajah dengan uap hangat saat facial di rumah, lho. Proses ini membantu pori-pori wajah terbuka dan meremajakan kulit secara instan. Kamu bisa melakukannya dengan cara menaruh air hangat pada wadah, lalu tutup sekeliling wajah dengan handuk. Jika air dicampur dengan garam, uap hangat yang terjebak dalam lingkaran kecil tersebut akan menetralkan racun pada kulit dan membuat wajah terasa lebih segar. 

4. Aplikasikan masker wajah 

5 Cara Mudah Melakukan Facial Wajah di Rumah, gak Perlu Bayar Mahal!freepik.com/massonstock

Setelah kondisi kulit wajahmu rileks dan nyaman, tahap berikutnya ialah mengaplikasikan masker wajah. Pilih masker yang sesuai dengan keinginanmu seperti, sheet mask, clay mask, jelly mask, atau masker buatan dari bahan-bahan alami. Jika ingin hasil yang maksimal, pastikan kamu menggunakan masker sesuai kebutuhan kulitmu. 

5. Mengunci pori-pori dengan toner dan pelembap

5 Cara Mudah Melakukan Facial Wajah di Rumah, gak Perlu Bayar Mahal!IDN Times/Mardya Shakti

Last but not least, rangkaian facial ini ditutup dengan 'mengunci' kembali pori-pori menggunakan toner dan melembapkannya dengan pelembab. Kedua bagian ini wajib kamu lakukan, agar hasilnya bisa bertahan lama. Kulitmu akan terasa kinclong bak sehabis perawatan di klinik kecantikan mahal, Bro.

Kalau kondisi dompet lagi gak bersahabat dan situasi pandemik gak menginzinkanmu untuk perawatan diri ke salon atau klinik kecantikan, cara facial wajah di atas tadi bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba, Bro!

Baca Juga: Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutin

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya