Cak Imin Sentil PAN: Dua Kali Dukung Prabowo, Tiba-Tiba Dapat Menteri

Cawapres Cak Imin blak-blakan di acara IMGS 2023

Jakarta, IDN Times - Cawapres dari Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyentil Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto terkait ucapannya yang menyebut Cak Imin tidak konsisten, karena mengusung perubahan sementara saat ini masih ada di koalisi pemerintah.

Cak Imin mengatakan, PAN dua kali berseberangan dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo karena dua kali pemilu mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang sebelumnya menjadi rival Jokowi yaitu pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019.

Namun, kata dia, tiba-tiba PAN bergabung ke pemerintahan Jokowi hingga akhirnya sekarang mendapatkan jatah satu kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Berbeda dengan dirinya dan PKB yang konsisten mengawal Presiden Jokowi dalam dua pemilu terakhir. 

"PAN dua kali dukung Prabowo, mau tiga kali. Jadi Yandri (PAN) 2014 dukung Prabowo, 2019 dukung Prabowo. Saya pengawal Jokowi. Tiba tiba dia dukung Jokowi dapat menteri satu. Lumayan lah, termasuk Pak Prabowo," kata Cak Imin di acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2023 yang digelar IDN Media di Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Adapun terkait Koalisi Perubahan, Cak Imin mengatakan, koalisi tersebut merupakan koalisi yang fleksibel. Lebih lanjut, Cak Imin mengatakan, selama kunjungan ke beberapa daerah, banyak masyarakat yang menyuarakan perubahan. Karena itu, kata dia, sejatinya perubahan tidak dibendung.

"Koalisi ini tidak disebutkan di luar pemerintahan atau di dalam pemerintahan, tapi koalisi fleksibel," kata dia.

"Juga semua bilang perlu perubahan, sudahlah perubahan itu nggak bisa dibendung. Kalian mau makan mi instan mulu akhir bulan? Karena itu yang bagus dipertahankan, soal impor pangan harus diubah," kata dia.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Cak Imin Keceplosan Sebut Jokowi Jodohkan Dia dengan Prabowo di Pemilu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya