Cerita Deni Iskandar Pemuda Asal Pandeglang Bertemu Paus Fransiskus

Deni sempat mencium tangan Paus Fransiskus

Jakarta, IDN Times - Deni Iskandar, pemuda asal Pandeglang, Banten, bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (28/6/2023). Deni yang merupakan murid KH Ahmad Muhtadi bin Dimyathi al-Bantani ini merupakan penerima beasiswa dari Yayasan Nostra Aetate, Vatikan, untuk Studi Hubungan AntarAgama.

“Sangat senang sekali saya, bisa bersalaman dan bertegur sapa dengan Yang Mulia Paus Fransiskus. Apalagi kan kemarin itu duduknya di bangku paling depan. Tentu ini adalah sebuah kehormatan," kata Deni dikutip dari Youtube Padre Marco, Minggu (20/8/2023).

Deni Iskandar adalah satu-satunya Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menerima beasiswa dari Nostra Aetate Foundation Disastery Interreligious Dialogue, Vatikan. Selain Deni, ada mahasiswi dari Filipina yang mendapatkan beasiswa serupa.

Ia mengaku, awalnya ia ditawari seorang Pastor bernama Michael Endro, Putut Prabantoro, Melki Laka Lena, serta Paulus Tasik Galle, Alumni UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ia juga direkomendasikan Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo, dengan Uskup Sufragan Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur. OFM.

"Untuk saat ini baru saya yang studi di Kampus Dewan Kepuasan milik Vatikan di Kota Roma ini. Insya Allah setelah saya pasti akan ada lagi dari UIN Jakarta. Kita berdoa aja,” ucapnya.

Ia menyebut beberapa nama di Roma yang membantunya beradaptasi termasuk Rm Suhermanto dari Lampung, Rm Leo Mali yang baru saja meraih gelar Doktor di Bidang Filasafat di Roma, Rm Paul Hale SSCC yang sedang studi di Roma, Rm YB Rosaryanto OSC dan tentu Rm Markus Solo Kewuta SVD.

Baca Juga: Paus Fransiskus Singgung Situasi di Israel-Palestina dalam Misa Paskah

1. Disambut hangat Paus Fransiskus

Cerita Deni Iskandar Pemuda Asal Pandeglang Bertemu Paus FransiskusCerita Deni Iskandar bertemu Pimpinan Katolik Dunia Paus Fransiskus. (Dok. Pribadi)

Bertemu dengan pimpinan Katolik, Deni terlihat mencium tangan Paus Fransiskus. Deni menyampaikan, Paus Fransiskus sempat menyampaikan bahwa Deni adalah masa depan Indonesia.

Anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu tidak menyangka bisa bertegur sapa dengan Pimpinan Gereja Katolik Dunia, sekaligus Kepala Negara Vatikan itu, Paus Fransiskus.

“Paus berkata kepada Deni, Bene, futuro d Indoneziana. Nah,  masa depan Indonesia!” ujarnya menirukan ucapan Paus Fransiskus.

Baca Juga: Paus Fransiskus Akan Kunjungi Mongolia, Bawa Misi Perdamaian

2. Cerita Deni bertemu Paus Fransiskus

Cerita Deni Iskandar Pemuda Asal Pandeglang Bertemu Paus FransiskusDeni Iskandar pemuda asal Pandeglang Banten bertemu Pimpinan Katolik Dunia, Paus Fransiskus (Dok. Pribadi)

Bisa bertemu bahkan bertegur sapa dengan Paus Fransiskus, di Basilica Santo Petrus, Vatikan tentu sangat membahagiakan bagi Alumni Fakultas Ushuluddin, Jurusan Studi Agama-Agama UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta itu.

Deni berangkat ke Roma pada akhir Januari 2023. Bahkan beberapa orang ikut urunan untuk membantunya bisa berangkat ke sana.

Dari sepatu hingga jaket musim dingin semua didapat dari orang-orang yang mencintainya. Bahkan, Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo memberikan uang saku untuk naik taksi dari bandara ke penginapannya.

Baca Juga: Paus Fransiskus Dapat Kado Jersey Bek MU Lisandro Martinez

3. Ungkap sosok Paus Fransiskus

Cerita Deni Iskandar Pemuda Asal Pandeglang Bertemu Paus FransiskusPaus Fransiskus. (ANTARA FOTO/REUTERS/Remo Casilli)

Menurut Deni, Paus Fransiskus adalah sosok yang rendah hati dan punya komitmen tinggi dalam membangun perdamaian dunia.

Ia menjelaskan, pertemuannya dengan Paus Fransiskus dalam rangka silaturahmi sekaligus laporan atas selesainya studi di Nostra Aetate Fondation Disastery Interreligous Dialogue, Vatikan.

"Jadi dalam pertemuan itu, saya silaturahmi dengan Yang Mulia Paus Fransiskus, kemudian juga laporan bahwa saya sudah beres menyelesaikan studi, baik itu belajar di Pontifica Universita St Thomas Aquinas-Angelicum, di Pontifica Universita Gregoriana, maupun di Nostra Aetate," kata Deni.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya