PDIP Beri 2 Pilihan untuk Budiman, Mengundurkan Diri atau Dipecat

Sanksi tegas untuk Budiman ditentukan besok

Jakarta, IDN Times - PDIP memberikan dua pilihan kepada Budiman Sudjatmiko yang menyatakan dukungan terhadap bakal calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pemilu 2024. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP memberikan pilihan pemecatan atau mengundurkan diri dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Hasto memastikan, sanksi disiplin tegas akan diberikan kepada Budiman. Ketua DPP bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun akan menyampaikan hal itu pada Senin (21/8/2023).

“Pak Komarudin akan mengumumkan, yang jelas partai tidak mentolerir terhadap tindakan indisipliner setiap kader partai. Partai akan mengambil suatu tindakan yang tegas. Opsinya mengundurkan diri atau menerima sanksi pemecatan," kata Hasto kepada wartawan, Minggu (20/8/2023).

Baca Juga: Budiman Siap Kena Sanksi dari PDIP Usai Bentuk Relawan Prabu

1. Gerindra siap tampung Budiman andai dipecat PDIP

PDIP Beri 2 Pilihan untuk Budiman, Mengundurkan Diri atau DipecatPolitikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyampaikan partainya akan menampung Budiman jika dipecat PDIP karena mendukung Prabowo.

“Gerindra partai terbuka bisa menerima siapapun, yang penting satu, menerima dengan seluruh yang sudah kita putuskan, baik anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART), calon presiden, manifesto perjuangan dan seterusnya," ujar Ahmad Muzani.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Akui Akan Sepanggung dengan Prabowo

2. Budiman disebut sebagai sosok inspiratif

PDIP Beri 2 Pilihan untuk Budiman, Mengundurkan Diri atau DipecatPolitikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Muzani menyebut Budiman sebagai sosok inspiratif. Perjuangan Budiman pada masa Orde Baru menunjukkan karakter berintegritas.

"Sehingga bagi kami itu sosok yang penting untuk memberikan inspirasi buat kami semuanya," ujarnya.

Muzani mengatakan kebaikan dan keburukan akan terkuak. Hal itu dibuktikan dengan munculnya sejumlah kader PDIP yang memuji dan mendukung Prabowo jelang Pemilu 2024.

"Pokoknya kalau itu kebaikan, pasti siapa pun akan merasakan sebagai sebuah kebaikan. Tapi ketidakbaikan juga pasti juga siapa pun akan merasakannya," ujarnya.

Baca Juga: Koalisi Prabowo-Budiman Sudjatmiko Dideklarasikan Semarang, Ribuan Warga Bersorak

3. Budiman deklarasikan dukung Prabowo di Pemilu 2024

PDIP Beri 2 Pilihan untuk Budiman, Mengundurkan Diri atau DipecatBudiman Sudjatmiko dan Prabowo Subianto (tengah) (Dok. Tim Media Prabowo)

Diketahui, relawan Prabowo-Budiman Bersatu (Prabu) dideklrasikan di Marina Convention Center, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/8/2023). Deklarasi turut dihadiri Prabowo Subianto dan Budiman Sudjatmiko.

Pada kesempatan itu, Budiman juga mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo. Bahkan dukungan diberikan saat dirinya masih menyandang status kader PDI Perjuangan, parpol yang mengusung Ganjar Pranowo.

Sementara, Prabowo sendiri mengaku terharu dengan dukungan dari Budiman. Menurut Prabowo, Budiman adalah sosok berani, cemerlang, dan memiliki hati yang bersih.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya