TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hilang Sejak Juni 2019, Puing Diduga Helikopter MI-17 TNI AD Ditemukan

Heli MI-17 ditemukan di Pegunungan Mandala Papua

Puing-puing diduga bagian Helikopter MI 17 (ANTARA FOTO)

Jakarta, IDN Times - Pencarian Helikopter Mil MI-17 yang sempat hilang di Papua selama berbulan-bulan akhirnya ada titik terang. Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab mengatakan, telah terlihat puing helikopter tersebut di salah satu tebing pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (10/2).

"Memang benar dalam penerbangan Senin pagi sekitar pukul 09.00 WIT dengan menggunakan helikopter AS-350 B2 milik Demonim Air, sudah melihat dari udara bersama Bupati Pegunungan Bintang Constan Oktemka, dan Komandan Korem 172/PWY Kolonel Infantri Binsar Sianipar. Puing-puing itu terlihat dari ketinggian 12.500 feet,” kata Asaribab, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Bupati Pegunungan Bintang Ikut Mencari Helikopter MI 17

1. TNI mengerahkan 60 prajurit TNI AD untuk mengevakuasi korban

Ilustrasi (IDN Times/Haikal Adithya)

Untuk membantu proses evakuasi Helikopter Mil MI-17, TNI telah menyiapkan sebanyak 60 prajurit TNI AD. Prajurit TNI yang telah disiagakan akan didukung dengan tiga helikopter miliki TNI AD.

2. Evakuasi korban Helikopter Mil MI-17 terkendala medan yang terjal

Puing-puing diduga bagian Helikopter MI 17 (ANTARA FOTO)

Helikopter Mil MI-17 yang tergabung dalam Pusat Penerbangan TNI AD dengan nomor registrasi HA 5138 ini, terlihat berada di tebing dengan sudut yang hampir 90 derajat.

Menurut Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Infantri Binsar Sianipar, hingga saat ini proses evakuasi korban belum bisa dilakukan, karena medan di sekitar jatuhnya Helikopter Mil MI-17 sangat terjal, sehingga sulit mencari titik aman untuk melakukan pendaratan pasukan.

Baca Juga: Pencarian Helikopter MI 17 Disebar ke Titik Suara Gemuruh

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya