TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tito Karnavian Ditunjuk Isi Kursi Menpan RB, Gerindra: Semoga Lancar

Tito Karnavian ditunjuk jadi Menpan RB Ad interim

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (dok. Puspen Kemendagri)

Jakarta, IDN Times — Ketua DPP Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad berharap Mendagri Tito Karnavian bisa bekerja maksimal di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Hal itu dia sampaikan mengomentari penunjukan Mendagri Tito Karnavian sebagai Menpan RB ad interim.

“Semoga lancar-lancar dan tugas yang diberikan dapat dijalankan dengan baik,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Wafat, Jokowi Tunjuk Tito Jadi Menteri PAN RB Ad Interim

Baca Juga: 6 Fakta Menpan RB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia karena Komplikasi

1. Penunjukkan Tito disebut hal yang tepat

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ketika rapat kerja dengan komisi I DPD pada 2019 lalu. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Dasco mengaku masih berduka dengan kepulangan Menpan RB Tjahjo Kumolo. Kendati begitu, perlu langkah cepat untuk mengisi kekosongan kursi Menpan RB agar pelayanan pada publik terus berjalan.

Dia juga menilai keputusan Presiden Joko “Jokowi” Widodo menunjuk Tito Karnavian sebagai pengganti ad interim almarhum Tjahjo Kumolo di kursi Menpan RB merupakan hal tepat.

“Tentunya kita masih dalam suasana berduka yang mendalam atas kepergian pak Tjahjo Kumolo, dan tentunya tepat sekali bahwa pak tito karnavian sebagai mendagri yang ada tarikan tugas itu kemudian menjadi menpanrb ad interim,” tuturnya.

Baca Juga: Mendagri Tito: Apkasi Bukan Asosiasi Kaleng-Kaleng

2. Nama-nama yang mungkin isi kursi Menpan RB

Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo (menpan.go.id)

Pengamat politik dari lembaga KedaiKOpi, Hendri Satrio sebelumnya menyorot beberapa kader PDIP yang kemungkinan akan mengisi kursi Menpan RB. Menurutnya beberapa kader PDIP yang duduk di pemerintahan daerah kemungkinan besar bakal dipilih untuk maju mengisi kursi di kabinet Jokowi.

Beberapa nama yang kemungkinan mengisi kursi Menpan Rb di antaranya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, atau Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Siapa yang akan disodorkan oleh PDIP jadi pengganti Tjahjo ya ada banyak, ada Olly Dondokambey, ada I Wayan Koster, dan ada beberapa kepala daerah lainnya yang lagi moncer,” kata Hendri.

“Kemungkinan catatan saya ke dua mungkin akan tetap diberikan kepada nama-nama tadi,” sambung dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya