Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja

Istri yang salihah senantiasa selalu mendoakan suaminya

Jakarta, IDN Times - Kekuatan doa seorang istri memiliki keistimewaan untuk suaminya. Sejalan dengan itu, sang suami juga seharusnya meniatkan diri untuk membahagiakan istrinya sehingga akan tercurahkan keberkahan.

Dikutip dari buku Air Mata Muslimah karya Nur Zain, pikiran yang positif akan mengantarkan seseorang pada yang positif pula maka kekuatan restu seorang istri menjadi modal untuk mendatangkan keberkahan rezeki. Sebab, restu yang diberikan istri merupakan jalan seorang suami dalam memperoleh kelancaran mencari nafkah.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, sebagai berikut:

“Sesungguhnya, doa yang segera dikabulkan oleh Allah SWT adalah doa seseorang (istri) kepada orang lain (suami) yang tidak berada di tempat yang sama (berjauhan).” (HR. Tirmidzni).

Istri yang salihah ialah yang bisa memberikan ketenangan dan kesenangan bagi suaminya. Ketika suami tidak berada di dekatnya, istri akan mendoakannya dengan ikhlas dan penuh dengan pengharapan agar terus dalam perlindungan Allah SWT.

Berikut doa untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah, yang bisa diamalkan sehari-hari.

Baca Juga: Doa Dibukakan Pintu Rezeki dari Semua Penjuru dan Halal

1. Doa untuk suami yang bekerja di tempat jauh

Doa untuk Suami yang Sedang BekerjaIlustrasi berdoa (IDN Times/Fikriyah Nurshafa)

Berikut doa untuk suami yang bekerja di tempat yang jauh, agar diberi ketenangan hati bagi istri dan menyerahkan diri kepada Allah SWT.

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Bismillahi tawakaltu'alallahi walaa haola walaaquwwata illa billahi.

Artinya: "Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Mu, tiada daya dan upaya melainkan Engkau..”

Baca Juga: 3 Doa Terbaik Usai Salat Sunah

2. Doa agar suami mendapatkan rezeki yang halal

Doa untuk Suami yang Sedang BekerjaIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Berikut doa agar suami mendapatkan rezeki yang halal.

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322).

Baca Juga: Ramadan Kareem atau Ramadan Mubarak? Ini Ucapan yang Tepat

3. Doa agar terhindar dari kesulitan

Doa untuk Suami yang Sedang Bekerjailustrasi berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Berikut adalah doa agar suami terhindar dari segala kesulitan saat mencari nafkah.

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

“Allahumma Innii As-alikal ‘Afwa Wal ‘Aaffiyah Fid Dun-yaa Wal Aakhirah. Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fi Diini Wa Dunyaa-ya Wa Ahlii Wa Maalii. Allahummas-Tur ‘Au-Raatii Wa Aamin Rau-‘aatii.”

“Allahumma-Fadz-Nii Min Baini Yadayya Wa Min Khalfii Wa ‘An Yamiinii Wa ‘An Syimaalii Wa Min Fauqii. Wa A-‘Uudzu Bi ‘Adzmatika An-Ughtaala Min Tahtii.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku."

“Ya Allah, lindungilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”

4. Doa agar mendapatkan rezeki dan kesehatan

Doa untuk Suami yang Sedang Bekerjailustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Berikut adalah doa agar suami mendapatkan rezeki dan diberikan kesehatan dalam mencari nafkah.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.”

5. Doa agar diberikan umur panjang

Doa untuk Suami yang Sedang Bekerjailustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Berikut adalah doa agar suami beserta keluarga diberikan umur panjang dan selalu dalam perlindungan Allah SWT.

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma Thòwwil Umuuròna, Wa Shòhhih Ajsaadana, Wa Nawwir Quluubana, Wa Sabbit Iimaananaa Wa Ahsin A’maalanaa, Wa Wassi’ Arzaqònaa, Wa Ilal Khòiri Qòrribnaa Wa ‘Anisy-syarri Ab’Idnaa, Waqdhikhawaa-Ijana Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhirati Innaka ‘Alaa Kulli Syai-in Qòdiir.

Artinya: “Ya Allah, panjangkanlah umur kami, berilah kesehatan pada jasad kami, berilah keterangan pada hati kami, jagalah iman kami, luruskanlah amalan kami, perbanyaklah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam beragama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca Juga: Ibadah-ibadah yang Dilarang Kala Wanita Sedang Nifas atau Haid 

Topik:

  • Sunariyah
  • Dwifantya Aquina
  • Deti Mega Purnamasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya