PDIP Hormati Keputusan Golkar dan PAN Dukung Prabowo di Pemilu 2024

PDIP tak campuri pilihan Golkar dan PAN di pemilu

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya menghormati pilihan Golkar dan PAN yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Golkar dan PAN bergabung bersama Gerindra dan PKB di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Hasto mengakui, PDIP sudah menjalin komunikasi dengan Golkar dan PAN membahas Pilpres 2024. Namun, PDIP tak ikut campur terkait pilihan dua partai itu di pemilu.

"Komunikasi sudah dijalankan, tapi kalau partai-partai tersebut sudah mengambil keputusan untuk bersama, baik untuk mendukung kami atau tidak mendukung, itu kami hormati. PDI Perjuangan tidak pernah mencampuri kedaulatan partai lain," kata Hasto di sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP di Balikpapan, Kaltim, seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (20/8/2023).

Baca Juga: Golkar dan PAN Beri Dukungan, Prabowo: Kami Lanjutkan Program Jokowi

1. PDIP bangun kerja sama intens dengan PPP, Perindo, Hanura

PDIP Hormati Keputusan Golkar dan PAN Dukung Prabowo di Pemilu 2024Bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo dan Ketua Bappilu PPP, Sandiaga bertemu di podcast Kaesang Pangarep (dok. IDN Times/Istimewa)

Hasto mengatakan, PDIP membangun hubungan harmonis dengan PPP, Perindo, dan Hanura. Ketiga partai itu telah mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo.

Hasto mengeklaim, masyarakat juga mulai mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar. Dukungan itu terlihat dari berbagai hasil survei.

Sekjen PDIP itu menambahkan, berdasarkan survei dari Indikator Politik Indonesia yang dirilis Jumat (18/8/2023), elektabilitas Ganjar naik setelah sempat turun dan stagnan beberapa bulan terakhir.

"Ini berarti telah terjadi rebound, tak heran optimisme soal kemenangan pileg dan Pilpres 2024 sangat tinggi di seluruh kader PDIP, termasuk di Kalimantan Timur," kata dia.

Baca Juga: Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang Berprestasi

2. PDIP rumah bagi seluruh kelompok dan golongan

PDIP Hormati Keputusan Golkar dan PAN Dukung Prabowo di Pemilu 2024Megawati kumpulkan kader PDIP untuk konsolidasi pemenangan Ganjar Pranowo di Lenteng Agung, Senin (31/7/2023). (DOK. PDIP)

Hasto menekankan, PDIP merupakan partai yang menjadi rumah bagi seluruh kelompok dan golongan di Indonesia. Ia mencontohkan latar belakang keluarga Ganjar Pranowo.

"Latar belakang Pak Ganjar, keluarganya sangat baik. Istrinya Bu Siti Atiqoh memiliki irisan dengan teman-teman dari NU, dari PPP," kata Hasto.

Sementara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan ayahnya, Presiden Sukarno, memiliki kedekatan dengan Muhammadiyah.

"Pada saat bersamaan PDI Perjuangan juga menjadi rumah bersama bagi umat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Kohnghucu, dan aliran kepercayaan," kata Hasto.

Hasto menambahkan, anak Ganjar, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, juga menjadi bagian yang mewakili generasi muda.

"Keluarga sakinah ini akan menjadi representasi dalam suatu tradisi membangun demokrasi yang baik," kata Hasto.

Baca Juga: PPP Diminta Tetap Perjuangkan Sandiaga Sebagai Cawapres Ganjar

3. Golkar dan PAN dukung Prabowo

PDIP Hormati Keputusan Golkar dan PAN Dukung Prabowo di Pemilu 2024Keempat ketua parpol menyatukan tangan simbol persatuan dalam mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Indonesia. (Dok. Golkar)

Sebelumnya, Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Deklarasi itu disampaikan di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, terlebih dulu menyampaikan dukungannya kepada Prabowo.

"Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024-2029," ujar Airlangga, Minggu (13/8/2023).

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya