Demokrat Beri Kode Keras Berkoalisi dengan Capres Penyayang Binatang

Demokrat akan mendeklarasikan Kamis pekan depan

Depok, IDN Times - Partai Demokrat memberikan kode keras akan bergabung dengan koalisi baru, setelah keluar dari Koalisi Perubahan. Demokrat disebut-sebut akan merapat ke Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Andi Arief, mengatakan partainya akan bergabung dengan salah satu koalisi partai yang akan maju pada Pemilu 2024. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci koalisi tersebut.

"Ciri-cirinya capres-nya menyayangi hewan," ujar Andi setelah menghadiri Pendidikan Politik, Pelantikan Pengurus DPC dan PAC se-Depok di Hotel Bumi Wiyata, Minggu (17/9/2023).

Baca Juga: Prabowo Kedatangan Partai Biru di Hambalang, Demokrat Gabung Koalisi?

1. Tawarkan kemanangan saat nanti bergabung dengan koalisi partai

Demokrat Beri Kode Keras Berkoalisi dengan Capres Penyayang BinatangKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama kader Demokrat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Demokrat akan menawarkan kemenangan pada Pilres 2024 dan akan mengkombinasikan antara perubahan dan kesinambungan pada koalisi baru.

"Jadi yang baik kita teruskan, yang masih evaluasi kita ubah," tuturnya.

Andi tidak mengelak Demokrat akan segera mengumumkan deklarasi tersebut. Rencanaya deklarasi akan dilaksanakan pada pekan depan.

"Kamis deklarasinya. Hari ini kami mematangkan, tapi secara chemistry sudah gak diragukan lagilah," bebernya.

2. Enggan sebutkan bakal gabung KIM

Demokrat Beri Kode Keras Berkoalisi dengan Capres Penyayang BinatangKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran saat mendaftarkan Demokrat sebagai peserta Pemilu 2024. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saat ditegaskan kembali sosok capres penyayang binantang yang dimaksud adalah Prabowo Subianto, Andi tidak membantahnya. 

"Saya gak ngomong berkuda loh," ujarnya, tertawa.

Begitu juga saat ditanya apakah Demokrat akan memberikan hadiah saat bergabung dengan KIM, seperti Golkar yang menyerahkan hadiah kuda ke Prabowo, Andi kembali irit bicara.

"Wah, itu udah nanti aja," tuturnya.

Baca Juga: Golkar Bocorkan Parpol Warna Biru Akan Merapat ke Prabowo, Demokrat? 

3. DPD Partai Demokrat Jawa Barat diduga memberikan sinyal gabung KIM

Demokrat Beri Kode Keras Berkoalisi dengan Capres Penyayang BinatangKetua DPD Partai Demokrat Jabar Anton Sukartono Suratto saat menghadiri Pelantikan Pengurus DPC dan PAC se-Depok di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Masih di lokasi yang sama, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Anton Sukartono Suratto, membenarkan partainya akan segera mengumumkan arah koalisi. Namun pihaknya meminta media bersabar menunggu sampai keputusan pengumuman koalisi baru.

"Kita yakinkan sama, semua sudah bicara, Golkar juga sudah bicara. Insyaallah kita mohon doanya, karena kami dari Jabar menginginkan gabung ke sana," ujar Anton.

Dia mengungkapkan, sejak awal DPD Partai Demokrat Jawa Barat lebih memilih bergabung dengan KIM.

"Kami dari awal sudah jelas, Jabar kan memang kendaraannya ke sana, lebih condong ke sana," tutup Anton.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/pa5wMZBaEYs

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya