Prabowo Kedatangan Partai Biru di Hambalang, Demokrat Gabung Koalisi?

Partai Demokrat segera putuskan arah politiknya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, menyebut Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai bakal calon presiden (capres) bakal kedatangan anggota baru, berupa partai berwarna biru pada Minggu (17/9/2023) sore.

"Itu (partai biru) insyaallah datang nanti sore, mudah-mudahan," kata Zulkifli dilansir ANTARA, Minggu.

Baca Juga: Golkar Bocorkan Parpol Warna Biru Akan Merapat ke Prabowo, Demokrat? 

1. Partai baru akan datang ke Hambalang

Prabowo Kedatangan Partai Biru di Hambalang, Demokrat Gabung Koalisi?Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Meski tidak menjelaskan soal partai biru yang dimaksud, Zulkifli menyebut, calon anggota baru KIM bakal datang ke kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Zulkifli menuturkan agenda di Hambalang tersebut bersamaan pembentukan tim pemenangan KIM, yang akan dihadiri pimpinan partai koalisi itu.

"Oh iya nanti kita akan kumpul di Hambalang. Tunggu tanggal mainnya, mudah-mudahan ada yang baru datang," ucap dia.

Sementara, Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono, juga sebelumnya membocorkan ada partai parlemen yang segera melabuhkan dukungan ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung capres Prabowo Subianto. Dave menyebut, partai parlemen yang akan merapat tersebut berwarna biru. 

"Pokoknya ada tambahan (parpol) warna biru di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Jadi, kita sabar aja dulu," ungkap Dave kepada IDN Times melalui telepon, Jumat, 15 September 2023. 

"Pokoknya kita tinggal menunggu aja (parpol) warna biru yang mana lagi (yang akan bergabung)," sambung dia. 

Sejauh ini hanya ada tiga partai parlemen dengan ciri khas warna biru. Ketiganya yaitu Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat. NasDem kini sudah membentuk Koalisi Perubahan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan, PAN sudah resmi berada satu koalisi dengan Golkar merapat ke Partai Gerindra yang mendukung capres Prabowo.

Tinggal Partai Demokrat yang kini belum menentukan pilihan koalisinya, setelah keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.  

2. Demokrat segera umumkan arah koalisi

Prabowo Kedatangan Partai Biru di Hambalang, Demokrat Gabung Koalisi?Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato di acara HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara, Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, masih enggan membeberkan rencana kedatangan ke Hambalang. Dia menyebut Demokrat akan memberikan keputusan politik dalam waktu dekat.

"Kita akan ada rapimnas tanggal 21 (September 2023). Mungkin di tanggal itu sudah ada tanda-tanda yang jelas (arah koalisi). Bisa juga sebelumnya. Tunggu saja dari Mas AHY (Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurty Yudhoyono). Beliau langsung yang akan menyampaikan," ujar Herzaky saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu.

3. KIM tengah menyusun tim pemenangan

Prabowo Kedatangan Partai Biru di Hambalang, Demokrat Gabung Koalisi?Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto/pri.)

Sebelumnya, bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menyebut tengah menyusun tim pemenangan menyongsong Pilpres 2024.

Prabowo saat konferensi pers usai pertemuan ketua umum partai politik anggota KIM di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis, 14 September 2023, menyebut pihaknya tengah menyusun nama yang akan menjadi ketua tim pemenangan. Prabowo pun mengaku akan mendekati beberapa tokoh terkait hal itu.

Namun, Menteri Pertahanan itu belum dapat memastikan kapan tim pemenangan tersebut rampung.

Baca Juga: PPP Sebut Megawati Terbuka Bila Demokrat Ingin Gabung Dukung Ganjar

4. Prabowo didukung Gerindra, Golkar dan PAN

Prabowo Kedatangan Partai Biru di Hambalang, Demokrat Gabung Koalisi?ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, kini mendapat dukungan dari Partai Golonga Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara, PKB yang lebih dulu berkoalisi dengan Partai Gerindra, akhirnya menyeberang dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan, setelah ketua umum-nya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sebagai cawapres Anies Baswedan.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/pa5wMZBaEYs

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya