Bocah Penderita Jantung Bocor di Makassar Terharu Dikunjungi Risma

Kemensos salurkan bantuan dari Kitabisa

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini menemui anak di Makassar yang didiagnosa mengalami sakit jantung kongenital. Anak bernama Syahrul Burhan itu sudah menunggu Risma di Bandara Sultan Hasanuddin.

Risma terlihat menyapa bocah berusia 14 tahun itu saat tiba di bandara. Syahrul lalu melempar senyum ke arah Risma. Mata Syahrul berkaca-kaca karena dijenguk seorang menteri.

Syahrul, anak ketiga dari tiga bersaudara ini sudah dua tahun mengalami sakit jantung kongenital. Diagnosa itu disampaikan saat menjalani pengobatan lanjutan di RSUP Wahidin Sudiro Husodo Makassar, setelah sebelumnya sempat berobat di RSUD Sinjai.

Sejak ibunya meninggal, Syahrul dirawat ayahnya, Burhan (57). Sejak itu pula Burhan tak lagi bekerja sebagai sopir. Ia memilih menjadi buruh tani dan buruh kasar agar bisa memantau kondisi Syahrul.

Baca Juga: Bertemu 18 Orang Korban TPPO, Risma: Jangan Mudah Terbujuk Rayu

1. Risma serahkan bantuan warga melalui kitabisa sebesar Rp27 juta

Bocah Penderita Jantung Bocor di Makassar Terharu Dikunjungi RismaMensos Risma salurkan bantuan/dok Kemensos

Di kesempatan ini, Mensos menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) senilai Rp27.500.000 dan bantuan dari kitabisa.com senilai Rp71.944.761 untuk menunjang pengobatan dan pemenuhan hidup layak bagi Syahrul.

"Terima kasih kepada orang-orang baik di luar sana yang telah memberikan donasinya untuk adik kita yang sedang sakit. Terima kasih juga kepada rekan-rekan media maupun media sosial yang telah menginformasikan kondisi Syahrul. Alhamdulillah berkat orang-orang baik ini pengobatan adik kita bisa terbantu," kata Risma.

Baca Juga: Mensos Risma Beri Bantuan Rp3,3 M Bangun Rumah Tahan Bencana di Malaka

2. Kemensos berikan bantuan kehidupan layak

Bocah Penderita Jantung Bocor di Makassar Terharu Dikunjungi RismaIDN Times/Indiana Malia

Sebelumnya Risma memerintahkan Sentra Wirajaya Makassar sebagai UPT Kemensos mendampingi Syahrul melakukan pemeriksaan kesehatan. Sentra Wirajaya juga memberikan bantuan kebutuhan hidup layak dan fasilitas tempat tinggal di sentra selama Syahrul menjalani pengobatan di RSUP Wahidin Sudiro Husodo. Syahrul juga diberikan uang saku.

Sentra Wirajaya juga berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa dan dinas sosial terkait pengusulan data agar terdaftar di DTKS dan tindak lanjut pengobatan bagi Syahrul.

Baca Juga: Kala Risma Dialog dengan Warga Perbatasan RI-Timor Leste: Butuh Apa?

3. Syahrul sudah dirujuk di RS Cipto Mangunkusumo

Bocah Penderita Jantung Bocor di Makassar Terharu Dikunjungi RismaRSUP Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Instagram.com/rscm.official)

Syahrul pun dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo Jakarta untuk melanjutkan serangkaian pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan Echocardigrafy untuk mengetahui gambaran kondisi struktur dan fungsi jantung, hingga pemeriksaan nutrisi. 

Selama di Jakarta, Kemensos memberikan fasilitas tempat tinggal di Sentra Mulyajaya Jakarta. Kemensos juga menunjang biaya akomodasi dan transportasi selama pengobatan Syahrul di Sinjai, Makassar dan Jakarta.

Baca Juga: Risma Tertawa Saat Diminta Jabat Mensos Seumur Hidup

4. Kemensos gandeng kitabisa.com untuk biaya pasca pemeriksaan

Bocah Penderita Jantung Bocor di Makassar Terharu Dikunjungi RismaKitabisa

Pascamenjalani rangkaian pemeriksaan, Syahrul kembali dibawa pulang ke Sinjai untuk melanjutkan pengobatan rawat jalan di RSUD Sinjai selama 2 tahun.

Kemensos menggandeng kitabisa.com untuk menunjang biaya operasional pengobatan Syahrul. Kemensos juga menyerahkan bantuan ATENSI untuk pemenuhan hidup layak.

Bantuan ATENSI yang diberikan berupa pemenuhan kebutuhan layak selama perawatan di rumah sakit (Makassar), pemenuhan kebutuhan nutrisi, perlengkapan sekolah (tas, sepatu, sandal, jaket), perlengkapan melukis untuk hobby Syahrul, perlengkapan Ibadah, kursi roda adaptif untuk membantu mobilitas dan bantuan kewirausahaan ternak ayam.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya