[CEK FAKTA] Bayi Ini Korban Vaksinasi COVID-19, Bagaimana Faktanya?

Foto bayi asli sudah beredar sejak 2016, jangan sebar hoaks!

Jakarta, IDN Times - Sebuah foto seorang bayi beredar di media sosial. Dalam narasi yang beredar tertulis bayi tersebut merupakan korban vaksinasi covid.

"Doakan anak ini semoga sembuh, ini korban vaksinasi covid," tulis narasi yang tersebar di grup Whats Apps dan Facebook.

Lalu apakah benar foto tersebut merupakan bayi yang terkena efek vaksin COVID-19?

1. Foto bayi sudah diunggah pada 2016

[CEK FAKTA] Bayi Ini Korban Vaksinasi COVID-19, Bagaimana Faktanya?Hasil penusuran Tineye (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Berdasarkan penelusuran IDN Times dari aplikasi tin eye yang digunakan untuk mengetahui asal foto yang beredar di media sosial, diketahui foto bayi tersebut merupakan foto lama yang diunggah pada 2016.

Meski belum diketahui di mana foto tersebut diambil, namun sumber membagikan foto lama dengan narasi yang menimbulkan kesimpulan yang keliru, mengaitkan dengan kondisi saat ini sehubungan dengan vaksin COVID-19.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral Video Kepanikan Penumpang Sriwijaya Sebelum Jatuh

2. Satgas COVID-19 pernah rilis informasi tidak valid

[CEK FAKTA] Bayi Ini Korban Vaksinasi COVID-19, Bagaimana Faktanya?Foto bayi diklaim terdampak vaksin (dok Turnbackhoax)

Foto tersebut bukan pertama kali dinarasikan berbeda pada 20 Juli 2020, satgas COVID-19 merilis foto asli bayi tersebut sudah beredar sejak tahun 2016, tapi tidak terdapat informasi valid yang menjelaskan di mana foto tersebut berasal dan bagaimana keadaan bayi tersebut.

Saat itu, foto bayi tersebut juga dinarasikan sebagai korban uji klinis vaksin COVID-19.

3. Vaksinasi COVID-19 mulai 13 Januari 2021

[CEK FAKTA] Bayi Ini Korban Vaksinasi COVID-19, Bagaimana Faktanya?Vaksinasi COVID-19 Perdana di Indonesia pada Rabu (13/1/2021) di Istana Negara (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Diketahui, pemerintah memulai ikhtiar baru dalam melawan COVID-19 di Indonesia. Momen penyuntikan vaksin virus corona (SARS-CoV-2) kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu(13/1/2021), di Istana Negara menjadi tanda program vaksinasi di Indonesia dimulai.

Setelah vaksinasi perdana, mulai Kamis (14/1/2021) pelaksanaan vaksinasi COVID-19 akan terus dilanjutkan di seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

Kelompok prioritas pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lain.

Jadi foto yang beredar tentang kondisi bayi karena vaksinasi COVID-19 salah.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Ratusan Orang Pingsan Usai Disuntik Vaksin

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya