Dishub Copot Stick Cone Pembatas Jalur Sepeda, Diganti Mata Kucing 

Stick cone rusak karena ditabrak

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencopot cone stick jalur pembatas untuk sepeda dan mengganti dengan mata kucing. Total sampai saat ini sudah 303 kilometer stick cone jalur sepeda yang dibongkar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Jakarta International Stadium (JIS), di Jakarta Utara, Kamis (19/10/2023).

"Jadi hasil pembangunan jalur sepeda, saat ini kita sudah diangkat 303 kilometer (km), kemudian sesuai dengan RPD 2023-2026 untuk target 2024 total 298 km jalur sepeda yang terbangun," jelas Syafrin.

1. Tak ada anggaran untuk pemeliharaan stick cone

Dishub Copot Stick Cone Pembatas Jalur Sepeda, Diganti Mata Kucing ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Syafrin mengatakan pihaknya tidak ada anggaran untuk melakukan pemeliharaan atau perawatan stick cone, sehingga begitu rusak maka akan diganti mata kucing.

"Jadi stick conenya rusak, dan itu yang kami angkat. Kemudian kami akan ganti stick cone tersebut dengan mata kucing kalau malam dan sore hari itu nyala," paparnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Bersiap Gelar FGD Ganjil Genap Sepeda Motor

2. Stick cone diharapkan jadi pengaman untuk pesepeda

Dishub Copot Stick Cone Pembatas Jalur Sepeda, Diganti Mata Kucing Pembatas jalur sepeda (stick cone) yang ada di jalan-jalan Jakarta. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Syafrin mengatakan mata kucing tidak dipasang sejak awal sebab rencana awal pemasangan stick cone diharapkan ada pengamanan langsung untuk pesepeda.

"Tapi ternyata dari sisi pengendara kendaraan motor maupun mobil itu banyak yang nabrak sehingga rusak, dan kita khawatirkan ini menyebabkan keselamatan pengemudi ataupun pesepeda di kawasan itu menjadi terganggu, oleh sebab itu kita angkat (stik cone)," terangnya.

3. Penggantian stick cone melihat kondisi

Dishub Copot Stick Cone Pembatas Jalur Sepeda, Diganti Mata Kucing Pembatas jalur sepeda (stick cone) yang ada di jalan-jalan Jakarta. (ANTARA FOTO/Walda Marison)

Syafrin menegaskan penggantian stick cone dengan mata kucing tidak diganti serentak namun, melihat kondisi dari stick cone. Tahun depan, akan fokus untuk memelihara jalur sepeda sehingga kondisinya tetap baik dan aspek keselamatan pesepeda terjaga.

"Tergantung kondisinya, sekarang di 13 ruas jalan itu semuanya ternyata sudah rusak, ini yang diangkat, sambil yang lain tetap kita monitor dan evaluasi," katanya.

 

Baca Juga: Heru Belum Bahas Aturan Ganjil Genap Sepeda Motor di Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya