Fraksi PDIP DKI Ajukan Pansus JIS, Heru: Saya Tidak Ikutan

Fraksi PDIP DKI soroti sejumlah isu JIS

Jakarta, IDN Times - Penjabat (PJ) Gubernur Heru Budi Hartono mengaku tidak mendengar usulan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk Jakarta International Stadium (JIS). Selain itu, Heru tidak mau berkomentar banyak tentang pansus JIS.

"Saya enggak ikutan, saya enggak mendengar," ujar Heru, Rabu (26/7/2023).

Heru juga menyerahkan inspektorat terkait permintaan DPRD untuk melakukan audit PT Jakarta Infrastruktur Propertindo alias Jakpro sebagai pengelola JIS.

"Nanti inspektorat dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Ya nanti kita lihat," imbuhnya.

1. PDIP ajukan pansus JIS

Fraksi PDIP DKI Ajukan Pansus JIS, Heru: Saya Tidak IkutanPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mengajukan permohonan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk Jakarta International Stadium (JIS). Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, mengatakan, pihaknya secara resmi sudah bersurat kepada Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi tentang hal ini.

"Ya sudah, Fraksi PDIP menyampaikan surat usulan kepada Ketua DPRD tentang pansus JIS," ujar Rio saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Fraksi PDIP Ajukan Pembentukan Pansus JIS ke DPRD DKI Jakarta

2. Fraksi PDIP akan berkomunikasi dengan ketua DPRD DKI Jakarta

Fraksi PDIP DKI Ajukan Pansus JIS, Heru: Saya Tidak IkutanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rio mengaku diminta oleh pimpinan fraksi untuk berkomunikasi tentang hal ini dengan Ketua DPRD DKI Jakarta. Rencananya, dia akan bertemu dengan Prasetyo untuk memberi penjelasan lisan.

"Ini perlu kita sampaikan karena memang sampai kemarin beliau (Prasetyo) ber-statement, beliau tidak ada, memang belum ada surat usulan pansus JIS," ujar Rio.

3. Fraksi akan menugaskan anggota pansus jika usulan disetujui pimpinan DPRD

Fraksi PDIP DKI Ajukan Pansus JIS, Heru: Saya Tidak IkutanKetua Fraksi PDIP di DPRD DKI, Gembong Warsono (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Menurut Rio, komunikasi sudah dijalin dengan sejumlah anggota DPRD tentang objek teknis realisasi hasil produk dari rencana pembangunan JIS.

"Munculnya permasalahan hasil pembangunan Jakarta International Stadium sebagai dampak teknis dan perencanaan pembangunan Jakarta International Stadium itu sendiri," demikian bunyi isi surat yang disampaikan Fraksi PDIP kepada pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Pimpinan fraksi nantinya yang akan memutuskan siapa yang ditugaskan untuk menjadi anggota pansus jika usulan tersebut disetujui pimpinan DPRD.

Baca Juga: Anies Baswedan soal Revitalisasi JIS: Saya Gak Mau Cawe-cawe

4. Fraksi PDIP soroti isu JIS

Fraksi PDIP DKI Ajukan Pansus JIS, Heru: Saya Tidak IkutanUpdate pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jumat (14/1/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Sejumlah isu disoroti Fraksi PDIP soal JIS. Mulai dari fungsi stadion, sarana dan prasarana, isu homebase Persija, hingga persiapan Piala Dunia U-17 disebut menjadi ruang lingkup yang akan diperhatikan.

Dia mengatakan, pihak Jakpro sempat membahas permasalahan ini dan saat ini ada upaya negosiasi kepada Persija terkait isu tersebut.

"Kemudian yang paling trending itu soal fungsi stadion, dari sarana dan prasarana. Yang paling kentara kan soal rumput misalnya. Modifikasi jenis rumput dan medianya kemudian fasilitas pintu masuk dan sebagainya," ujar Rio.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya