Gedung di Jaksel Diminta Pasang Water Mist Paling Lambat 11 September

Water mist generator untuk redam polusi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan mengimbau pemilik gedung di wilayahnya menerapkan konsep green building dan menyediakan Water Mist Generator. Imbauan tersebut diserukan dalam rangka membantu mengurangi polusi udara yang tengah menjadi persoalan di Jakarta.

"Secepatnya harus dipasang. Ketersediaan alatnya nanti bisa dikoordinasikan kepada pihak-pihak terkait," kata Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/9/2023).

1. Penaman pohon secara produktif

Gedung di Jaksel Diminta Pasang Water Mist Paling Lambat 11 SeptemberPj. Gubernur Heru dan Jajaran Forkopimda Tanam 125 Pohon di Kali Mookervaart. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Munjirin menegaskan, selain menerapkan konsep Green Building, pihaknya juga terus mengingatkan para pemilik gedung agar melakukan penanaman pohon produktif dan pelindung di lingkungannya.

"Jadi mari bersama-sama kita turut andil dalam mengurangi polusi udara dengan cara yang benar," serunya.

Baca Juga: Polusi Udara Jakarta Terburuk Keempat Dunia Saat Pembukaan KTT ASEAN

2. Water mist generator dipasang di gedung minimal lantai 8

Gedung di Jaksel Diminta Pasang Water Mist Paling Lambat 11 SeptemberPengoperasian water mist generator di atap gedung balai kota DKI Jakarta l, Jumat (1/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Selatan, Mohamad Amin, menjelaskan penggunaan alat water mist generation difokuskan pada gedung-gedung dengan ketinggian delapan lantai.

"Untuk pengoperasian alat tersebut tidak setiap saat, namun di jam-jam tertentu saja," katanya.

3. Pengoperasian water mist pagi dan sore hari

Gedung di Jaksel Diminta Pasang Water Mist Paling Lambat 11 SeptemberWater Mist Generator yang digunakan saat uji coba Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Mikro untuk menanggulangi pencemaran udara di Ibukota. (instagram.com/dinaslhdki)

Dia membeberkan waktu pengoperasian water mist generation baiknya dilakukan pada pagi hari mulai dari pukul 09.00-11.00 dan pada sore hari sejak pukul 17.00-19.00.

"Kita harap gedung-gedung dapat segera mengoperasikan water mist paling lambat 11 September 2023," katanya.

Baca Juga: Pasang 2 Water Mist, Pemprov DKI Mulai Semprot Balai Kota Usir Polusi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya