Kemenkes: 12 Pasien Cacar Monyet ODHIV dan Kena Sifilis

Semua pasien laki-laki dari seks beresiko

Jakarta, IDN Times - Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Maxi Rein Rondonuwu, mengatakan, sampai 26 Oktober 2023 telah ditemukan 14 kasus cacar monyet atau Monkeypox di Indonesia.

Dia merinci, 14 kasus cacar monyet tersebut 12 dari DKI Jakarta dan 2 kasus dari Tangerang. Pasien cacar monyet paling banyak berusia 25 sampai 29 tahun sebanyak 64 persen, sisanya usia 30 sampai 39 tahun sebanyak 36 persen. 

"Semua pasien konfirmasi adalah laki-laki dan tertular melalui perilaku seks berisiko. Kondisi penyakit penyerta dari 14 pasien itu, 12 di antaranya ODHIV. Di samping itu ada 5 pasien dengan penyakit sifilis," terang Maxi dikutip dari YouTube Kemenkes, Jumat (27/9/2023).

Baca Juga: Kemenkes: 14 Kasus Cacar Monyet, 2 Ada di Tangerang

1. Sebanyak 14 kasus konfirmasi cacar monyet

Kemenkes: 12 Pasien Cacar Monyet ODHIV dan Kena SifilisIlustrasi cacar monyet

Maxi mengatakan, selain 14 kasus konfirmasi tersebut, ada 2 kasus probable atau memiliki gejala dan kontak dengan orang positif Monkeypox. Namun saat ini mereka sudah sembuh. 

"Kemudian ada 9 kasus suspek atau ada gejala dan sudah ambil sampel tinggal menunggu hasilnya," katanya.

Baca Juga: Kemenkes: 7 Pasien Cacar Monyet di DKI Laki-Laki Akibat Hubungan Seks

2. Setiap hari bertambah 2 sampai 3 kasus

Kemenkes: 12 Pasien Cacar Monyet ODHIV dan Kena SifilisIlustrasi orang yang terkena cacar monyet ( www.freepik.com )

Maxi mengatakan, Indonesia melaporkan kasus Monkeypox pertama kali pada 20 Agustus 2022 sebanyak 1 kasus. Kemudian pada 13 Oktober 2023 Indonesia kembali melaporkan kasus tersebut.

“Kasus kita ada 14 total sampai hari ini. Setiap hari rata-rata nambah 2 sampai 3 kasus," katanya.

Baca Juga: Warning! Dinkes DKI Temukan 12 Kasus Cacar Monyet di Jakarta 

3. Dinkes lakukan pelacakan kontak erat

Kemenkes: 12 Pasien Cacar Monyet ODHIV dan Kena SifilisIlustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI tentang penemuan kasus, pencatatan, dan pelaporan Monkeypox di DKI Jakarta.

"Kami melakukan tindak lanjut penemuan kasus suspek atau probable atau konfirmasi Monkeypox dari fasilitas kesehatan di DKI Jakarta. Adapun investigasi 1x24 jam termasuk pelacakan kontak erat juga kami lakukan untuk menekan penyebaran kasus,” ujar Ani.

4. RSPI jadi rujukan pasien cacar monyet

Kemenkes: 12 Pasien Cacar Monyet ODHIV dan Kena SifilisPos pemantauan virus corona RSPI Sulianti Saroso (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Ani menambahkan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di DKI Jakarta dan Rumah Sakit (RS) Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso dapat menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien terkonfirmasi Monkeypox untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

Hal itu juga ditujukan untuk memudahkan pasien dengan kondisi rumah tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri.

“Apabila pasien Monkeypox dinyatakan sembuh oleh dokter, maka tidak perlu dilakukan pemeriksaan follow up PCR atau pemantauan khusus. Selanjutnya pasien dapat beraktivitas seperti semula,” ucap Ani.

Baca Juga: Apakah Cacar Monyet Bisa Sembuh?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya