Najwa Shihab: Pemilih Muda Jangan Mau Jadi Pion Capres dan Cawapres!

Millenial dan Gen Z harus berpikir kritis

Jakarta, IDN Times - Founder Narasi Najwa Shihab mengimbau para milenial dan gen Z agar menjadi pemilih yang kritis dan jangan menjadi pion bagi para calon presiden dalam kontestasi Pemilihan Umum 2024.

"Kerap kali kita pemilih itu tanpa sadar dijadikan pion atau boneka, kita dengan enteng begitu ya didorong untuk mendukung mati-matian atau menentang mati-matian," tegas Najwa dalam acara Indonesia Milenial and Gen Z Summit (IMGS) 2023 yang digelar IDN Times, di Senayan Park, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2023).

"Bahkan kita tanpa sadar kemudian terperangkap untuk secara membabi buta mengartikan kecintaan kita dengan fanatisme luar biasa, enggak ragu-ragu menunjukkan identitas hanya untuk bilang kita pendukung A, kita enggak mau dukung B. Enggak sadar tuh kita dijadikan objek," lanjut Najwa.

Untuk itu, dia meminta agar pemilih muda sadar dan menolak untuk dijadikan objek dalam kontestasi Pemilu.

"Kita bicara kampanye, mari sadar untuk menolak dijadikan objek, kita harus jadi subjek, jangan mau hanya digiring seperti ini, jadi kita sebagai pemilih dislike semua rayuan itu, mari gunakan cara berpikir kritis, tambah pengetahuan politik dan pertajam analisa," imbau Najwa.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z.

Baca Juga: Najwa Shihab Ungkap Makna Kado Replika Orang Naik Tangga dari Mahfud

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya