Sedihnya Ketua DPRD DKI Ungkap Sang Cucu Sakit Gegara Polusi Udara

DPRD usul WFH tiga bulan

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mengungkapkan buruknya polusi udara di Jakarta berdampak pada kesehatan cucu kesayangan.

Prasetyo menceritakan cucunya harus dilarikan ke rumah sakit, karena dampak polusi udara yang terus memburuk.

"Terus terang saya punya cucu juga kena, jam 07.00 malam, semalam masuk ke (Rumah Sakit) Bintaro gegara persoalan debu ini, asap debu ini," ujar Prasetyo di Gedung DPRD, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Polusi Udara, Ketua DPRD DKI Dukung WFH Pegawai Pemprov 3 Bulan 

1. Bangunan Balai Kota tidak terlihat

Sedihnya Ketua DPRD DKI Ungkap Sang Cucu Sakit Gegara Polusi UdaraIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Prasetyo menjelaskan pekatnya udara Jakarta juga ia rasakan, saat berangkat dari rumah ke gedung DPRD DKI Jakarta. Dia hampir tidak melihat gedung balai kota karena tertutup debu.

"Kebetulan lewat (Jalan) Budi Kemuliaan, saya mau lihat gedung Balai Kota saja tidak kelihatan, cuma BUMN (Badan Usaha Milik Negara) aja yang kelihatan. Ini artinya itu asap debunya sudah sangat tinggi di Jakarta," katanya.

2. Ketua DPRD usul WFH tiga bulan

Sedihnya Ketua DPRD DKI Ungkap Sang Cucu Sakit Gegara Polusi UdaraIlustrasi Buffering (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk itu, Prasetyo meminta Penjabat Gubernur DKI Jakarta untuk menerapkan Work From Home (WFH) bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Prasetyo mengusulkan WFH pegawai 50 persen dilakukan selama tiga bulan, yakni 21 Agustus sampai Oktober 2023, karena kualitas udara di Ibu Kota yang buruk.

"Kami sebagai DPRD akan bicara dengan Pak Gubernur untuk mengambil langkah dan sikap. Kalau memang mereka tidak mau mengambil langkah dan sikap, kami yang mengambil sikap. Saya akan mem-WFH-kan teman-teman karyawan," ujar dia.

Baca Juga: Anies: Polusi Udara di Jakarta Berasal dari Cerobong PLTU

3. Swasta diimbau WFH saat KTT ASEAN dihelat

Sedihnya Ketua DPRD DKI Ungkap Sang Cucu Sakit Gegara Polusi UdaraWarga berolahraga di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (11/10/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Khusus selama penyelenggaraan KTT ASEAN yang mulai digelar pada 5 sampai 7 September 2023, Prasetyo mengimbau agar Pemprov DKI menerapkan WFH 75 persen, baik pemerintah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta maupun perusahan swasta.

"Imbauan WFH 75 persen untuk seluruh instansi itu baik pemerintah maupun swasta antara 4 sampai 7 (September), karena itu ada acara KTT ASEAN, itu totally libur di Jakarta," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya