Siaga Banjir, Heru Budi Minta Wali Kota sampai Camat Gak Ambil Cuti

Pj DKI Jakarta fokus menangani banjir

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meminta jajarannya mulai tingkat wali kota, lurah, dan camat untuk tidak mengambil cuti dan tidak bepergian ke luar kota. Arahan ini dilakukan agar para jajarannya siaga menghadapi musim hujan.

"Hari ini kita memasuki musim hujan. Saya minta kepada seluruh jajaran para walkot untuk tidak mengambil cuti, untuk tidak ke luar kota," kata Heru dalam arahan pada kepala dinas, wali kota, hingga camat dan lurah di Taman Ismail Marzuki, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Heru Budi: Saya Akan Kerja, Kerja, Kerja

1. Heru perintahkan jajarannya petakan daerah rawan banjir

Siaga Banjir, Heru Budi Minta Wali Kota sampai Camat Gak Ambil CutiPenjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tiba di Balai Kota usai dilantik Mendagri Tito Karnavian, Senin (17/10/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru juga memerintahkan wali kota sampai camat agar memetakan daerah yang rawan banjir, supaya siaga jika terjadi hujan.

"Para lurah, camat, wali kota, identifikasi rawan banjir tetap siaga penuh," perintah Heru.

Baca Juga: Warga Serbu Meja Aduan Era Ahok yang Kembali Dibuka oleh Heru Budi 

2. BPBD bisa rilis titik rawan banjir saat hujan

Siaga Banjir, Heru Budi Minta Wali Kota sampai Camat Gak Ambil CutiBanjir di Underpass Kemayoran (IDN Times/Restu Putri)

Heru juga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar berbagi informasi titik yang rawan banjir dengan Dinas Perhubungan, agar masyarakat bisa menghindari jalan tersebut.

"Tolong kepala BPBD untuk merilis misalnya dengan Dishub, misal dua hari lagi berdasarkan analisa BMKG hujan lebat maka jika terjadi hujan lebat, agar warga menghindari," ujar Heru.

3. Heru minta wali kota imbau warga WFH jika banjir melanda

Siaga Banjir, Heru Budi Minta Wali Kota sampai Camat Gak Ambil CutiIlustrasi bekerja dari rumah. (IDN Times/Arief Rahmat)

Heru meminta agar wali kota mengimbau warga bisa bekerja dari rumah atau work from home (WFH) saat banjir melanda.

"Teman-teman wali kota, kepala dinas, apa kita bisa imbau melalui wali kota, misalnya kalau banjir itu, genangan di Pejaten misalnya, bisa imbau untuk WFH," kata Heru.

4. Heru fokus permasalahan klasik Jakarta

Siaga Banjir, Heru Budi Minta Wali Kota sampai Camat Gak Ambil CutiPenjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tiba di Balai Kota usai dilantik Mendagri Tito Karnavian, Senin (17/10/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dalam sambutan pertama sebagai pemimpin DKI Jakarta sementara, Heru mengatakan telah mendapatkan perintah oleh Presiden Joko "Widodo" Widodo tentang masalah yang segera ditindaklanjuti.

"Sebenarnya sudah ada dari dulu permasalahan ini banjir, macet, dan tata ruang," ujarnya di pendopo Balai Kota, Senin (17/10/2022).

"Tapi Pak Mendagri mengingatkan pada kami atau saya khususnya, bahwa tahun depan terdapat krisis ekonomi yang menjadi perhatian dan dampak termasuk kesehatan," katanya.

Baca Juga: Anies Puji Jokowi: Keputusan Tepat Pilih Heru Budi Jadi Pj Gubernur 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya