Biografi Kapitan Pattimura Pahlawan Nasional dari Maluku

Wajah Pattimura sempat ada di uang Rp1.000, loh!

Jakarta, IDN Times - Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy merupakan pahlawan Indonesia yang lahir di Pulau Saparua, Maluku, pada 8 Juni 1783. Ia merupakan salah satu sosok pahlawan nasional yang merasakan pemerintahan pada masa penjajahan Inggris dan Belanda.

Mengutip situ Pemprov DKI Jakarta, Pattimura pernah masuk dinas militer dan memperoleh pangkat sersan pada saat pemerintahan Inggris. IDN Times rangkum biografi Kapitan Pattimura selengkapnya. 

1. Pattimura pernah memimpin perlawanan terhadap Belanda

Biografi Kapitan Pattimura Pahlawan Nasional dari MalukuBenteng Duurstede (kemdikbud.go.id)

Thomas Matulessy pertama kali mendapat gelar Kapitan Pattimura ketika memimpin perlawanan masyarakat Maluku terhadap pemerintahan Hindia Belanda yang sewenang-wenang memaksa kerja rodi rakyat Indonesia. Selain kerja rodi, masyarakat juga diminta menyerahkan hasil rempah-rempah pada kolonial Belanda.

Pada 16 Mei 1817, masyarakat Saparua di bawah kepemimpinannya berhasil merebut Benteng Duurstede dan seluruh tentara Belanda, termasuk Residen an den Berg tewas. Belanda pun membalas dengan pasukan yang lebih besar, untuk merebut benteng yang telah dikuasai warga selama tiga bulan.

Baca Juga: Biografi Pangeran Diponegoro, Anak Selir yang Kobarkan Perang Jawa

2. Pattimura dihukum gantung Belanda pada 16 Desember 1817

Biografi Kapitan Pattimura Pahlawan Nasional dari MalukuIlustrasi. Benteng Victoria Ambon (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Seperti dilansir dari situs Pemprov DKI Jakarta, Belanda langsung melancarkan operasi besar-besaran usai kejadian tersebut. Akhirnya Kapitan Pattimura ditangkap Belanda dan dibawa ke Ambon.

Pengadilan kolonial Belanda menjatuhkan hukuman gantung kepada Pattimura. Sehari sebelum hukuman itu dijalankan, Belanda masih membujuk, tetapi ia tetap menolak. Pada 16 Desember 1817, hukuman gantung dilaksanakan di depan Benteng Victoria Ambon.

3. Pattimura ditetapkan sebagai pahlawan pada 1973

Biografi Kapitan Pattimura Pahlawan Nasional dari MalukuMonumen Kapitan Pattimura (Istimewa)

Pattimura ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 087/TK/1973 pada 6 November 1973. Untuk mengenang jasanya, pemerintah mengabadikan sosoknya di uang pecahan Rp1.000.

Untuk mengenang jasa dan perjuangannya, Pattimura dijadikan sebagai nama jalan di berbagai daerah.

Itu dia biografi Kapitan Pattimura yang sangat menginspirasi dan penuh perjuangan. 

Baca Juga: Biografi Tan Malaka, 23 Kali Pakai Nama Samaran

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin
  • Bella Manoban
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya