KKB Serang Aparat Lagi di Puncak Papua Tengah

3 anggota KKB dan 1 aparat terkena tembak

Puncak, IDN Times – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan penembakan ke arah Pos Keamanan Raider 300/BJW di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Selasa (15/8/2023) lalu sekitar pukul 09.45 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi via pesan singkat, membenarkan penyerangan tersebut.

Baca Juga: KKB Serang Pos Brimob di Yahukimo, Tak Ada Korban Jiwa

1. Penembakan terjadi saat acara bakar batu

KKB Serang Aparat Lagi di Puncak Papua TengahKabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom.

Kombes Pol Benny mengungkapkan, peristiwa penembakan itu bermula ketika Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/BJW bersama tim menuju Pos Gome untuk menghadiri acara bakar batu bersama masyarakat Distrik Gome pukul 09.00 WIT.

“Namun, suasana tenang itu mendadak terguncang oleh tembakan dari kelompok KKB yang diduga Numbuk Talenggen, mengarah ke arah Pos Gome dan Dansatgas Pamtas Mobile 300/BJW pada pukul 09.45 WIT,” ungkapnya.

Baca Juga: Wakapolda Papua Apresiasi Personel yang Tindak KKB di Yahukimo

2. Aparat merespons dengan tembakan balasan

KKB Serang Aparat Lagi di Puncak Papua TengahIlustrasi - Aksi baku tembak antara aparat TNI/Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri dan tim Yonif Raider 762 dengan anggota KKB pada 5 September 2021. (Dokumentasi Istimewa)

Dikatakan, ketika tembakan itu terdengar, tim Dansatgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/BJW meresponsnya dengan melancarkan tembakan balasan serta melakukan upaya pengejaran. 

"Melalui drone, keberadaan dua orang dengan senjata panjang berhasil terdeteksi. Aparat gabungan TNI-Polri di Ilaga juga turut terlibat dalam pengejaran dan penanganan situasi. KKB yang diduga melarikan diri kemudian dilacak ke berbagai titik," jelas Benny.

Baca Juga: KKB Minta 3 Syarat Tebusan Pilot Susi Air, Polda Papua Siapkan Uang

3. Markas KKB berhasil dikuasai aparat

KKB Serang Aparat Lagi di Puncak Papua TengahSejumlah barang bukti milik KKB Numbuk Telenggen yang berhasil diamankan pads Selasa (15/8/2023). (IDN Times/Istimewa)

Dengan berbagai upaya, lanjut Benny, aparat akhirnya berhasil menguasai markas KKB Numbuk Telenggen. Sejumlah barang bukti pun telah diamankan.

"Dalam pengejaran tersebut, sejumlah barang bukti penting berhasil diamankan. Di antaranya 7 telepon genggam dari berbagai merek, kamera Canon EOS 1300D, pisau kecil, serta sebuah busur panah beserta 8 anak panah," kata Benny merinci.

"Selain itu, juga ditemukan alat-alat seperti parang, gunting, teropong, charger, serta memori card yang berisi foto dan video KKB," imbuhnya

4. Terdapat korban tembak dari kedua pihak

KKB Serang Aparat Lagi di Puncak Papua TengahAparat bersiaga mengejar KKB Numbuk Telenggen yang melakukan serangan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Selasa (15/8/2023). (IDN Times/Istimewa)

Benny menyampaikan, setelah menguasai markas KKB Numbuk Telenggen, aparat terus melanjutkan pengejaran.

"Saat melakukan kontak tembak, 3 anggota KKB diduga terkena tembakan serta satu Anggota Satgas Pamtas Mobile 300/BJW, Pratu Rizki, juga terkena tembakan. Namun, kondisinya dalam keadaan sadar dan stabil," ujar Benny.

Perihal kerugian materi, Benny menyebutkan sementara masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut. Pihak berwenang, katanya, tetap berkomitmen untuk memulihkan situasi keamanan di wilayah tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, penyerangan oleh KKB di Kabupaten Puncak masih gencar dilakukan. Bahkan dilanjutkan dengan aksi pembakaran rumah dan tower telekomunikasi. 

Baca Juga: BNPB Keluhkan Pengiriman Bantuan Bencana ke Papua Diganggu KKB   

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya