Ma'ruf Amin Dorong Perlindungan Pekerja Rentan OAP di Mimika

Wapres hadiri penyerahan kartu BPJS, CSR, dan KUR di Mimika

Timika, IDN Times – Dalam rangka kunjungan kerja di Provinsi Papua Tengah, Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, ikut menghadiri penyerahan BPJS Ketenagakerjaan, CSR, dan kredit usaha rakyat (KUR) kepada orang asli Papua (OAP) di ruang Perpustakaan Institut Pertambangan Nemangkawi, Mimika, Rabu (12/7/2023). 

Pada kesempatan tersebut, Wapres Ma'ruf Amin didampingi sang istri, Wury Ma’ruf Amin, Pj Gubernur Papua, Panglima TNI beserta rombongan lainnya. 

Baca Juga: Ma'ruf Amin Lebih Setuju Al Zaytun Dibina Ketimbang Dibubarkan 

1. Penyerahan kartu BPJS, CSR, dan KUR mikro

Ma'ruf Amin Dorong Perlindungan Pekerja Rentan OAP di MimikaWakil Presiden, K. H. Ma'ruf Amin, menyerahkan bantuan CSR secara simbolis kepada pekerja rentan orang asli Papua di Mimika, Rabu (12/7/2023). (IDN Times/Istimewa)

Secara simbolis, Wapres Ma'ruf Amin menyerahkan dua kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada dua perwakilan pekerja OAP. 

Termasuk menyerahkan CSR dan KUR mikro kepada tiga pengusaha OAP yang didukung langsung oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Papua. 

Adapun jumlah nilai KUR mikro yang diberikan kepada dua perwakilan OAP, masing-masing Rp30 juta. Sementara CSR kepada satu perwakilan senilai Rp100 juta. 

Baca Juga: Tiba di Papua, Wapres Ma'ruf Bakal Serahkan BPJS hingga Kunjungi RS

2. Pekerja rentan dan pengusaha OAP harus didukung

Ma'ruf Amin Dorong Perlindungan Pekerja Rentan OAP di MimikaWakil Presiden, K. H. Ma'ruf Amin, saat jumpa pers di RSUD Mimika, Rabu (12/7/2023). (IDN Times/Istimewa)

Pada saat jumpa pers di RSUD Mimika, Ma'ruf Amin, mengapresiasi kegiatan penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan, CSR, dan KUR mikro yang telah dilaksanakan. 

"Ini merupakan salah atau hal yang perlu kita apresiasi dan ini untuk meningkatkan kualitas para tenaga kerja dan pengusaha ternak, ada juga pedagang," ujar Ma'ruf Amin. 

Dia juga mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan bersama BPD Bank Papua dalam upaya meningkatkan usaha kecil dan menengah (UKM) di Papua Tengah melalui pemberian KUR. 

"Saya memang berharap bank daerah, Bank Papua daerah itu bisa terus membantu para UKM ini supaya dia tumbuh bahkan bisa naik kelas," tuturnya. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Kunjungi Mimika, Pj Bupati: Tunjukkan Kita Satu Kesatuan

3. Komitmen Pemda Mimika melindungi pekerja rentan OAP

Ma'ruf Amin Dorong Perlindungan Pekerja Rentan OAP di MimikaFoto bersama penerima BPJS Ketenagakerjaan, CSR kemitraan, dan KUR yang diserahkan oleh Wakil Presiden, K. H. Ma'ruf Amin. (IDN Times/Endy Langobelen)

Di samping itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga, menyampaikan, pada tahun anggaran 2023, Pemda Mimika telah berkomitmen menganggarkan Rp2 miliar dari APBD untuk melindungi pekerja rentan OAP.

"Tahun ini dana Rp2 miliar untuk melindungi orang asli Papua. Ke depan nanti Pemda akan melindungi seluruh warga rentan yang ada di Kabupaten Mimika," ujar Paulus saat diwawancarai awak media.

"Intinya, pemerintah daerah punya komitmen dengan sungguh-sungguh, seperti apa yang diharapkan oleh Pak Wakil Presiden tadi supaya perlu ada perlindungan khusus kepada warga Papua," imbuhnya. 

4. Puluhan ribu pekerja rentan OAP telah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Ma'ruf Amin Dorong Perlindungan Pekerja Rentan OAP di MimikaWakil Presiden, K. H. Ma'ruf Amin, menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada pekerja rentan orang asli Papua di Mimika, Rabu (12/7/2023). (IDN Times/Istimewa)

Sementara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Papua Mimika, Rudyanto Panjaitan, menyampaikan, sampai saat ini, terdapat 20 ribu pekerja rentan yang telah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan.

"Jumlah pekerja rentan yang dianggarkan saat ini oleh Pemerintah Kabupaten Mimika totalnya 20 ribu. Termasuk di dalamnya pelaku atau tokoh-tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat serta masyarakat pelaku usaha kecil yang memang layak dibantu," jelas Rudyanto.

Disampaikan, jenis BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan lebih kepada perlindungan kecelakaan kerja dan kematian.

Tak hanya itu, ada juga program CSR yang mengimbau kepada sejumlah perusahaan agar mengalokasikan CSR-nya untuk memberikan perlindungan kepada pekerja rentan atau masyarakat Papua yang membutuhkan.

"Saat ini sudah ada 16 perusahaan yang sudah memberikan perlindungan dengan total tenaga kerja yang sudah diberikan perlindungan 6 ribu lebih. Sekitar 6.200 itu sudah diberikan perlindungan dan ini masih bertambah," ungkapnya.

"Tahun ini dengan harapan perlindungannya adalah substance dalam jangka panjang. Kalau tahun lalu, itu per satu bulan, tiga bulan. Nah tahun ini bupati mengimbau minimal 6 bulan karena itu dampak manfaatnya sangat terlihat," ucapnya.

Baca Juga: Dikunjungi Wapres, RSUD Mimika Gelar Pengobatan hingga Sembako Gratis

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya