Satu Anggota KKB di Pegunungan Bintang Tewas Ditembak Sniper

Jenazah dan senjata korban dibawa lari ke dalam hutan

Pegunungan Bintang, IDN Times – Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz 2023 berhasil melumpuhkan seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Kamis (21/9/2023). 

Hal itu diungkapkan Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023, AKBP Bayu Suseno, melalui siaran pers yang dikirim via WhatsApp.

1. Anggota KKB dilumpuhkan saat pengejaran

Satu Anggota KKB di Pegunungan Bintang Tewas Ditembak SniperKasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, AKBP Dr. Bayu Suseno. (IDN Times/Istimewa)

Bayu menjelaskan bahwa anggota KKB tersebut dilumpuhkan saat personel Satgas Damai Cartenz melakukan pengejaran.

"Perlu diketahui bahwa Satgas Damai Cartenz 2023 telah melakukan operasi pengejaran dan pengamanan Oksibil selama 3 hari dan pada hari ini, Rabu tanggal 21 September 2023, pasukan berhasil melumpuhkan sejumlah KKB yang akan melakukan penembakan terhadap pesawat sipil yang melintas," ujar Bayu. 

“Tim sniper kami berhasil menembak mati salah satu KKB, yang kami tembak dari jarak 800 meter saat mereka melakukan penembakan terhadap pesawat yang melintas di ketinggian Oksibil. Terlihat dari teropong kami bahwa beberapa KKB terluka akibat tembakan dari Tim Sniper kami,” imbuhnya.

Baca Juga: Situasi di Pegunungan Bintang Kembali Normal Usai Penyerangan KKB

2. Jenazah Korban dan senjata dibawa lari

Satu Anggota KKB di Pegunungan Bintang Tewas Ditembak SniperSalah satu anggota KKB pimpinan Ananias Ati Mimin tewas ditembak Sniper di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. (IDN Times/Istimewa)

Bayu menyebutkan bahwa jenazah korban beserta senjata telah dibawa lari ke dalam hutan oleh anggota KKB lainnya.

"Sayangnya jenazah korban dan senjata anggota KKB tersebut berhasil dibawa lari oleh kawan-kawannya masuk ke dalam hutan saat pasukan Satgas Damai Cartenz melakukan pengejaran dan penyisiran," tutur Bayu. 

Hal itu, kata Bayu, telah diperkuat dengan informasi yang berasal dari sumber terpercaya. Sumber tersebut membenarkan bahwa ada salah satu anggota KKB pimpinan Ananias Ati Mimin yang terkena tembakan dari tim sniper aparat keamanan. 

Ia mengatakan bahwa korban anggota KKB tersebut tertembak di bagian tangan dan dada tembus ke belakang dan kondisinya luka parah.

“Nama pasukan yang ditembak aparat itu Ricky Sasaka. Info terakhir sudah mati. Ini adalah informasi yang kami peroleh dari sumber kami di lapangan.” jelas Bayu.

3. Pengejaran KKB akan dilakukan secara intensif

Satu Anggota KKB di Pegunungan Bintang Tewas Ditembak SniperKaops Damai Cartenz, AKBP Dr. Faizal Ramadhani.(IDN Times/Istimewa)

Sementara Kaops Damai Cartenz, AKBP Faizal Ramadhani, menjelaskan bahwa operasi pengejaran dan penegakan hukum terhadap KKB kelompok Ananias Ati Mimin di Pegunungan Bintang akan dilakukan secara intensif dan berkesinambungan. 

“Kami sudah identifikasi kantong-kantong mereka. Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat kita sisir. Satgas Operasi Damai Cartenz tetap lakukan operasi gabungan untuk menangkap dan menegakkan hukum terhadap KKB maupun simpatisannya,“ ujar Faizal.

Disampaikan juga bahwa saat ini telah dilakukan penambahan sejumlah pasukan untuk memperkuat pengamanan di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Baca Juga: Bamsoet Minta TNI dan Polri Deteksi Dini Teror KKB

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya