Teroris Karyawan BUMN Jual Beli Senjata Api di Marketplace

Aktivitas itu ditutupi dengan modus penjualan mainan

Jakarta, IDN Times - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror mengungkap, karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berinisial DE (28) yang terafiliasi jaringan ISIS juga menjual senjata api (senpi) di marketplace.

Juru Bicara Densus 88 Kombes Aswin Siregar mengatakan, aktivitas jual beli senjata api di marketplace itu ditutupi dengan modus penjualan diecast dan mainan militer.

"Berkaitan dengan perlengkapan, ada gear, ada baju-baju tactical, perlengkapan tactical, kemudian ada termasuk senjata ini," kata Aswin dalam konferensi pers di Mabes Polri, Selasa (15/8/2023).

Aswin mengatakan, pihaknya juga tengah mendalami hasil dari jual beli tersebut. Diduga, DE menjual senjata untuk membeli bahan rakitan senjata.

"Misalnya dari airgun menjadi senjata api itu biayanya berapa gitu karena dia memerlukan alat-alat atau komponen lain. Kemudian yang bersangkutan juga menawarkan juga ke orang, nah di marketplace ini masih didalami penyidik termasuk transaksi-transaksi," ucapnya.

Aswin mengungkapkan, polisi masih mendalami aktivitas jual beli yang dilakukan pelaku di marketplace. Polisi menyelidiki aktivitas lain yang mungkin dilakukan pelaku di marketplace tersebut. 

"Kalau kita bilang wajar dia menyimpan peluru, karena dia jualan dan ini masih didalami juga sebenarnya, sejauh mana aktivitas akun yang bersangkutan tersebut di marketplace. Apakah memang benar-benar sebagai jualan saja untuk mencari uang, atau juga sebagai sarana-sarana lainnya," imbuhnya.

Dalam perkara ini, Densus 88 menyita satu bendera Tauhid, dua bendera ISIS, lima pucuk senjata laras panjang, tiga pucuk pistol, sebuah sangkur, dan satu rompi anti peluru.

Selanjutnya, 12 buku jihad, 9 pistol softgun, satu banner, 600 butir amunisi 5,56 mm, 400 butir peluru kaliber 9 mm, 30 magasin, tiga pucuk pen guns, dan 10 gawai.

Baca Juga: 5 Fakta Penangkapan Karyawan KAI yang Jadi Terduga Teroris 

Baca Juga: Kapolda Metro: Terduga Teroris di Bekasi Modifikasi Airgun jadi Senpi

Baca Juga: Teroris Pegawai BUMN Terinspirasi Tayangan TV untuk Serang Mako Brimob

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya