TKN: Ada Pelatihan Khusus untuk Ma'ruf Amin Jelang Debat

TKN juga sebut Prabowo tidak bisa selesaikan masalah HAM

Jakarta, IDN Times - Hampir satu pekan jelang debat capres-cawapres pada 17 Januari 2019 nanti, beberapa persiapan sudah dilakukan oleh kedua kubu capres-cawapres. Tak terkecuali juga dari kubu petahana yakni pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin.

Di acara Millennials Memilih yang diselenggarakan oleh IDN Times di kantor IDN Media, Palmerah, Jakarta Barat, pada Rabu (9/1), juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Arya Sinulingga, mengaku bahwa timnya tengah melakukan persiapan khusus jelang debat.

1. Ada pelatihan khusus untuk Ma'ruf Amin

TKN: Ada Pelatihan Khusus untuk Ma'ruf Amin Jelang DebatIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Jelang debat pertama dengan topik hak asasi manusia (HAM), terorisme, dan korupsi, pihak TKN mengaku sudah melakukan persiapan intensif. Secara khusus, Arya Sinulingga juga bercerita bahwa cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, tengah dipersiapkan secara khusus untuk hadapi debat.

"Ya, ada persiapan khusus dari kami untuk Pak Ma'ruf Amin. Mengingat beliau latar belakangnya adalah ulama, jadi kami perlu memberi training khusus agar beliau bisa berbicara dalam format debat. Selama jadi ulama kan beliau lebih sering memberi ceramah keagamaan dan berbicara secara panjang," ujar Arya.

Baca Juga: BPN Beri Rapor Merah Rezim Jokowi di Bidang Hukum, HAM, dan Terorisme

2. TKN juga tak gentar dengan isu HAM terlepas rapor merah dari Komnas HAM

TKN: Ada Pelatihan Khusus untuk Ma'ruf Amin Jelang DebatIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Mendapat pertanyaan terkait rapor merah Komnas HAM kepada pemerintahan Jokowi terkait isu hak asasi manusia, Arya mengaku tak khawatir. Salah satu alasan terkuat darinya adalah sosok Jokowi yang jelas-jelas tidak pernah terlibat masalah HAM di masa lalu dan masa kini.

"Bagi kami pribadi, isu HAM tidak membuat resah. Pak Jokowi sudah terbukti tidak pernah terlibat masalah HAM di masa lalu. Bahkan, diduga terlibat pun juga tidak pernah, jadi kami yakin cara menjawab isu ini nanti akan mudah," ujar Arya.

3. Arya menyebut kubu Prabowo yang akan kesulitan menjawab isu HAM

TKN: Ada Pelatihan Khusus untuk Ma'ruf Amin Jelang DebatIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sembari menyebut Jokowi yang 'bersih' dari masalah HAM baik dari masa lalu mau pun masa kini, Arya juga menyoroti kubu capres-cawapres nomor urut 2, utamanya dari sang capres, Prabowo Subianto. Menurut pria berusia 47 tahun itu, kubu nomor 02 akan sulit menyelesaikan masalah HAM.

"Saya rasa dibandingkan dengan Pak Jokowi, Pak Prabowo justru lebih tidak mungkin menyelesaikan masalah HAM, kan dalam tanda kutip dia aslinya terlibat," ujar 

Baca Juga: TKN Jokowi-Ma'ruf Minta Bareskrim Periksa Grup WA Andi Arief

Topik:

  • Sunariyah
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya