Antisipasi Libur Nataru, Wakapolri: Penanganan COVID-19 Sudah Teruji

Masyarakat tetap diimbau lakukan prokes

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mulai menggelar Operasi Lilin 2023 untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Operasi ini akan dimulai pada Kamis malam (21/12/2023).  Satu hal yang mendapat perhatian ekstra dalam operasi ini adalah mobilitas masyarakat di tengah meningkatnya COVID-19.

“Sudah ada edaran dari Pak Menteri Kesehatan untuk di tempat tertentu disarankan menggunakan masker, kemudian masing-masing menjaga kesehatan agar tidak lagi terjangkit penyakit atau menyebar wabah COVID 19 seperti yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Saya yakin dengan kesiapan petugas kesehatan dan daya tahan masyarakat yang Sudah cukup teruji saat penanganan COVID 19 yang lalu,” kata Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

1. Kakorlantas tetap imbau masyarakat terapkan prokes

Antisipasi Libur Nataru, Wakapolri: Penanganan COVID-19 Sudah TerujiBrigjen Pol Aan Suhanan menjadi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri usai Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2023 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sementara itu Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan tidak ada pembatasan namun pihaknya tetap waspada. Pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami mengimbau untuk tetap menggunakan protokol kesehatan, pakai masker, walaupun tidak wajib, cuci tangan, kemudian bawa perbekalan, obat-obatan tindakan pertama, dan di rest area juga, dan di beberapa tempat itu sudah didirikan posko-posko kesehatan,” kata dia dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga: Kasus COVID19 Meningkat, Ruang Isolasi di RSUD Caruban Penuh

2. Sandiaga sebut liburan Nataru di Indonesia saja

Antisipasi Libur Nataru, Wakapolri: Penanganan COVID-19 Sudah TerujiCEO Rumah Siap Kerja, Roestiandi Tsamanov dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengajak masyarakat agar liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Indonesia saja. Dia mengatakan, meskipun angka COVID-19 di luar negeri meningkat, Indonesia masih terbilang aman untuk berwisata. 

"Saya menyampaikan ini menjadi temuan bahwa kasus COVID-19 meningkat, tapi di luar negeri, di Indonesia masih terkendali. Maka berlibur di Indonesia aja," katanya kepada wartawan di Bekasi, Minggu (17/12/2023). 

3. Jokowi belum wajibkan pakai masker

Antisipasi Libur Nataru, Wakapolri: Penanganan COVID-19 Sudah TerujiPresiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Persemaian Mentawir, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Kasus COVID-19 di Indonesia kembali naik jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengamati perkembangan COVID-19 di Indonesia.

"Saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk diikuti dan diamati betul secara detail perkembangannya seperti apa, ya sampai sekarang dari Menteri Kesehatan menyampaikan masih dalam kondisi baik," ujar Jokowi usai meninjau proyek MRT fase 2A di Monas, Jakarta, Jumat, 15 Desember 2023.

Meski demikian, Presiden Jokowi belum mewajibkan masyarakat kembali memakai masker. "Belum sampai ke sana (wajib pakai masker), selalu diikuti dan diamati oleh Menteri Kesehatan dan jajaran," kata dia.

Baca Juga: Kasus COVID19 Meningkat, Ruang Isolasi di RSUD Caruban Penuh

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya