Profil Dirut BAKTI Kominfo Baru, Sosok Perempuan Pengganti Anang Latif

Fadhilah Mathar pernah jabat posisi lain di BAKTI

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama (Dirut) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo baru resmi dilantik hari ini. Fadhilah Mathar adalah pengganti mantan dirut sebelumnya yakni Anang Achmad Latif.

Dia dilantik pada Senin, 14 Agustus 2023 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budie Arie. Dia mengatakan akan berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat pada BAKTI. Belakangan, nama unit organisasi noneselon di lingkungan Kominfo ini memang mendapat atensi buruk, karena beberapa orang terlibat dugaan kasus korupsi proyek BTS 4G.

"Kami harus mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap apa yang sudah diamanahkan kepada kami oleh Bapak Presiden, yaitu mempercepat akselerasi konektivitas digital di daerah-daerah Tertinggal terdepan terluar (3T) dan juga kepada lokasi lokasi layanan publik," kata dia usai dilantik di kantor Kominfo, Senin (14/8/2023).

Siapakah Fadhilah Mathar, sosok perempuan yang kini pegang jabatan untuk BAKTI Kominfo? Berikut profilnya.

1. Pernah menjabat Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI

Profil Dirut BAKTI Kominfo Baru, Sosok Perempuan Pengganti Anang LatifKementerian Komunikasi dan Informatika RI (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dr. Fadhilah Mathar. M.Pd sebelumnya mengisi jabatan sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI. Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Umum Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika.

Baca Juga: Fadhilah Mathar Dilantik Jadi Dirut BAKTI Kominfo, Ganti Anang Latif

2. Akan menjabat sebagai Dirut selama lima tahun

Profil Dirut BAKTI Kominfo Baru, Sosok Perempuan Pengganti Anang LatifPelantikan Direktur Utama BAKTI Kominfo baru yakni Fadhilah Mathar di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Senin, 14/8/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kominfo memang sebelumnya sudah membuka seleksi jabatan Dirut Bakti sejak April. Fadhilah akan menjadi dirut BAKTI hingga lima tahun ke depan sejak SK ini ditetapkan 10 Agustus 2023. Dia terpilih dari dua kandidat lainnya yakni Ade Dimijanty dan Kustanto pada seleksi kedua.

3. Namanya masuk daftar pencekalan Kejaksaan Agung

Profil Dirut BAKTI Kominfo Baru, Sosok Perempuan Pengganti Anang LatifIlustrasi Gedung Kejaksaan Agung (Dokumentasi Kejaksaan Agung)

Pada Januari 2023, Kejaksaan Agung mencekal 23 orang terkait dugaan tindak pidana korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung lima paket BAKTI Kominfo 2020-2022. Salah satu namanya adalah Fadhilah Mathar.

4. Sempat tak lolos di era Mahfud MD

Profil Dirut BAKTI Kominfo Baru, Sosok Perempuan Pengganti Anang LatifMenkopolhukam Mahfud MD di Halal Bi Halal MUI pada Kamis (17/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, seleksi pertama jabatan dirut BAKTI Kominfo pernah dibatalkan oleh Menko Polhukam Mahfud MD yang sempat menjabat sebagai Plt. Menkominfo

Kala itu, pada Mei 2023, Mahfud mengatakan saat mengerucut ke tahap asesmen perseta calon dirut BAKTI tidak ada yang lolos. Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto mengatakan para peserta itu sudah masuk tahap tes asesmen untuk profil perilaku dan kompetensi yang dimiliki masing-masing peserta.

Baca Juga: Dirut BAKTI Kominfo Ingin Kembalikan Kepercayaan Imbas Korupsi BTS 4G

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya