Jalur Pendakian Pemula di Gunung Penanggungan Mulai Dibuka

Siapkan perbekalan, yuk muncak lagi!

Mojokerto, IDN Times - Kabar Gembira untuk para pendaki. Seluruh jalur pendakian menuju puncak Gunung Penanggungan Kabupaten Mojokerto sudah dibuka lagi. Pembukaan dilakukan mulai Selasa (21/09/2021).

1. Uji coba dengan kapasitas maksimal 25 persen 

Jalur Pendakian Pemula di Gunung Penanggungan Mulai DibukaGunung Penanggungan. IDN Times/ Dok Fad

Info dibukanya kembali jalur Gunung Penanggungan itu dibenarkan Khoirul Anam, Sekretaris LMDH Sumber Lestari Tamiajeng. "Iya sudah buka sesuai dengan instruksi dari pihak Perhutani hari ini di uji coba, maksimal 25 persen" ungkapnya pria yang juga Ketua Paguyuban LMDH se BKPH Penanggungan, Selasa (21/09/2021). Menurut dia, berdasarkan surat edaran yang diterima, semua jalur pendakian telah dibuka kembali dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaki.

2. Wajib menunjukkan kartu vaksin melalui PeduliLindungi

Jalur Pendakian Pemula di Gunung Penanggungan Mulai DibukaGunung Penanggungan. IDN Times/ Moch Fad

Selain kuota terbatas hanya 25 persen dari jumlah normal, calon pendaki harus mematuhi protokol kesehatan ketat. Salah satu hal yang wajib lainnya adalah menunjukkan kartu vaksin menggunakan aplikasi PeduliLindungi. 

"Para pendaki wajib menunjukkan kartu vaksin minimal vaksin satu kali," tambahnya.

Dia menyebut, Gunung Penanggungan memliki empat jalur resmi, mulai dari Jalur Via Tamiajeng, Seloliman, Gajah Mungkur dan Kedungudi.

"Seharusnya semua jalur sudah mulai dibuka serentak hari ini," jelasnya.

Baca Juga: 5 Fakta Gunung Penanggungan, Disebut Miniatur Semeru

3. Penanggungan kerap disebut sebagai gunung para pendaki pemula

Jalur Pendakian Pemula di Gunung Penanggungan Mulai DibukaGunung Penanggungan. IDN Times/ Moch Fad

Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung yang populer sebagai destinasi pendakian. Gunung ini terbentang di dua kabupaten di Jawa Timur. Sisi baratnya menempati Kabupaten Mojokerto, sementara sisi timur termasuk dalam Kabupaten Pasuruan.

Gunung Penanggungan juga dikenal sebagai Gunung Pawitra atau Puncak Pawitra dengan ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut. Selain itu, Gunung Penanggungan merupakan gunung yang disebut sebagai gunung yang unik lantaran menyimpan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Terbukti banyak ditemukan situs purbakala berupa candi umat agama Hindu di sejumlah titik. Gunung Penanggungan sendiri kerap disebut sebagai pendakian bagi para pemula karena tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Merdeka Energi, Berguru pada Warga Lereng Gunung Penanggungan

Moch Fad Photo Verified Writer Moch Fad

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya