Comscore Tracker

3 Kasus Penistaan Fenomenal di 2021, Joseph Zhang hingga Yahya Waloni

Ketiganya menjadi perbincangan publik

Jakarta, IDN Times - Sejumlah kasus dugaan penistaan agama kembali mencoreng toleransi beragama di Indonesia selama 2021. Kasus dugaan penodaan agama rata-rata dilakukan melalui media sosial.

IDN Times merangkum tiga pelaku penistaan agama yang menjadi perbincangan hangat. Ketiga nama itu adalah Muhammad Kece, Yahya Waloni dan Jozeph Paul Zhang.

Dua di antaranya, yakni Muhammad Kece dan Yahya Waloni telah ditangkap dan diproses hukum oleh pihak kepolisian. Sementara Jozeph Paul Zhang masih dalam pengejaran pihak berwajib karena diduga bersembunyi di luar negeri.

1. Muhammad Kece

3 Kasus Penistaan Fenomenal di 2021, Joseph Zhang hingga Yahya WaloniYouTuber Muhammad Kece, tersangka dugaan penistaan agama tiba di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (25/8/2021). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Beberapa waktu terakhir, nama YouTuber Muhammad Kece menjadi perbincangan. Dia dianggap telah menistakan agama.

Melalui akun YouTube-nya, M Kece mengganti lafal 'Allah' dalam assalamu'alaikum menjadi 'Yessus'. Selain itu, dia juga mengajak umat muslim untuk keluar dari Islam.

"Assalamualaikum, warrahmatuyesus wabarakatu. Alhamduyesus hirabbilalamin, segala puji dinaikkan ke hadirat Tuhan Yesus, Bapa di surga yang layak dipuji dan disembah," ujar Muhammad Kece di dalam video yang diunggahnya di kanal YouTube.

M Kece kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Polisi juga telah menahannya untuk diminta keterangan lanjutan. Dia ditangkap di Bali pada 24 Agustus 2021.

Baca Juga: Tersangka Penodaan Agama Yahya Waloni Alami Pembengkakan Jantung

2. Yahya Waloni

3 Kasus Penistaan Fenomenal di 2021, Joseph Zhang hingga Yahya WaloniUstaz Yahya Waloni (Instagram.com/yahyawaloni2020)

Setelah penangkapan M Kece, polisi juga menangkap Yahya Waloni terkait dugaan kasus penistaan agama. Yahya Waloni ditangkap di kediamannya di Cibubur, Jakarta Timur pada Kamis 26 Agustus 2021.

Yahya dianggap menistakan agama Kristen. Yahya menyebut Bibel adalah kitab palsu.

Setelah ditahan, Yahya kemudian dilarikan RS Polri. Dia mengalami pembengkakan jantung. Saat ini, Yahya masih menjalani perawatan di RS Polri.

Baca Juga: Bareskrim Tahan Muhammad Kece Terkait Kasus Penistaan Agama

3. Jozeph Paul Zhang

3 Kasus Penistaan Fenomenal di 2021, Joseph Zhang hingga Yahya WaloniYouTuber Jozeph Paul Zhang Viral karen Penistaan Agama (YouTube Jozeph Paul Zhang)

Nama berikutnya ada Jozeph Paul Zhang. Dia menjadi tersangka karena menghina ajaran Islam. Selain itu, dia mengaku sebagai nabi ke-26.

Meski demikian, pria yang memiliki nama asli Shindy Paul Soerjomoeljono belum ditangkap. Sebab, dia berada di luar negeri.

Polisi juga telah mengeluarkan red notice untuk Joseph. Namun, kabarnya Interpol belum merespons hal tersebut.

Jozeph sering mengunggah video mengolok-olok ajaran Islam. Video itu diunggah di kanal YouTube miliknya.

Baca Juga: Bareskrim: Red Notice Jozeph Paul Zhang Tak Direspons Interpol  

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya