Ganjar Dinilai Bisa Ulangi Kemenangan Jokowi di Pilpres 2014

Ganjar dinilai menang meski didukung parpol lebih sedikit

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, dinilai bisa mengulangi kemenangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo seperti Pilpres 2014.

Hal itu diungkapkan pengamat ekonomi, Andhika Nurwin Maulana. Menurutnya, situasinya saat ini seperti dejavu. Ganjar di Pilpres 2024 dengan Jokowi di Pilpres 2014 sama-sama didukung partai politik (parpol) dari parlemen lebih sedikit.

Saat ini, bacapres Prabowo Subianto didukung Gerindra, PKB, PAN dan Golkar. Kemudian Anies Baswedan mendapat sokongan dari NasDem, Demokrat dan PKS.

Sementara, Ganjar didukung PDIP dan PPP yang merupakan partai di parlemen.

“Pendukung Ganjar Pranowo harus belajar banyak dari pengalaman Pilpres 2014. Memori Pilpres tahun 2014 hampir mirip terjadi di mana calon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengusung Pak Joko Widodo yang hanya didukung oleh dua partai besar dan punya banyak pengalaman dalam pemilihan umum di Indonesia yaitu PDI-P dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),” ujar Andhika dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Rabu (16/8/2023).

“Sedangkan Pak Prabowo didukung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PKS, dan PBB yang jumlah partai lebih banyak dari pada jumlah partai pendukung Jokowi. Namun dengan jumlah partai besar tersebut ternyata tetap dimenangkan oleh Jokowi pada Pilpres 2014,” lanjut dia.

Baca Juga: Wapres Beri Penghargaan Satyalancana Wira Karya ke Ganjar Pranowo

1. Kesempatan untuk menonjolkan figur Ganjar

Ganjar Dinilai Bisa Ulangi Kemenangan Jokowi di Pilpres 2014Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Andhika menerangkan, dukungan lebih sedikit itu seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai tantangan dan kesempatan untuk menonjolkan figur Ganjar. Dia menyebut, tim sukses harus bisa mengaturnya dengan baik.

“Ini merupakan tantangan dan juga kesempatan kubu Ganjar Pranowo mencari strategi dalam peningkatan figur Ganjar Pranowo ketika beberapa partai besar menjadi pendukung calon presiden lainnya,” kata dia.

Menurutnya, ketika akan maju di Pilpres 2014, Jokowi kerap menyampaikan programnya selama menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta akan dibawa ke tingkat nasional.

“Pak Prabowo masih kurang pengalaman dalam memimpin suatu daerah, walaupun Pak Prabowo didukung lebih banyak partai besar. Hal ini menyebabkan banyak pertanyaan yang muncul seperti apa yang gaya kepemimpinannya Pak Prabowo dalam memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” kata dia.

Baca Juga: Senyum Mega saat Terima Lagu Ganjar Siji Ganjar Kabeh dari Encik

2. Bisa tiru cara Jokowi

Ganjar Dinilai Bisa Ulangi Kemenangan Jokowi di Pilpres 2014Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungan ke Boyolali, Jawa Tengah. (instagram.com/ganjar_pranowo)

Dalam kesempatan itu, Andhika mengatakan, cara Jokowi di Pilpres 2014 itu bisa ditiru. Ganjar bisa memilih program mana saja selama menjabat Gubernur Jawa Tengah untuk dibawa ke tingkat nasional.

“Ilustrasi Pak Ganjar Pranowo menentukan kebijakan pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam pemilihan-pemilihan kebijakan yang pelik tentu saja membuat figur Pak Ganjar lebih baik,” beber dia.

3. Ganjar harus menentukan sektor prioritas

Ganjar Dinilai Bisa Ulangi Kemenangan Jokowi di Pilpres 2014Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Andhika juga mengatakan, Ganjar harus menentukan sektor prioritas atau program mana saja yang bisa menguntungkan dibawa ke tingkat nasional. Sehingga, hal itu tidak menjadi bumerang.

“Sehingga, Pak Ganjar akan lebih mudah dalam membuat kampanye program nasional dan juga punya cerita sukses dengan gaya kepemimpinan beliau di daerah sebelumnya. Hal tersebut bisa digunakan sebagai strategi lebih baik dengan syarat strategi tersebut selalu diukur tingkat keberhasilan peningkatan figur dari calon yang didukung,” ujar Andhika.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya