Ganjar Tak Ingin APBN Digerogoti Kelompok yang Suka KKN

Ganjar ingin APBN digunakan sebagai mana mestinya

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hadir dalam agenda dialog terbuka Muhammadiyah bersama calon pemimpin bangsa. Ganjar kemudian membeberkan sejumlah program kerjanya.

"Ini beberapa yang bisa kami sampaikan maka kehadiran negara di setiap kehidupan mulai anak-anak, pendidikan yang penting untuk membentuk karakter, lalu pendidikan karakter sejak dini, berikutnya lagi kita melihat bagaimana kita mengangkat derajat orang miskin melalui pendidikan satu keluarga miskin, satu sarjana insyallah ini akan mendorong mereka lepas dari itu," ujar Ganjar di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Rabu (23/11/2023).

Baca Juga: Di Depan Ganjar, Ketum Muhammadiyah: Jangan janji di Luar Kemampuan

1. Ganjar singgung soal kurikulum siap kerja

Ganjar Tak Ingin APBN Digerogoti Kelompok yang Suka KKNCalon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ganjar kemudian menyinggung soal kurikulum siap kerja untuk dibuat di sekolah. Sehingga, siswa yang lulus nantinya sudah siap bekerja sesuai dengan kebutuhan industri.

"Ini sebenarnya kita mau pakai ekonomi hijau, itu butuh lapangan kerja, digitalisasi Rp1.300 triliun investasi yang kita butuhkan itu menciptakan lapangan kerja," ucap dia.

Baca Juga: Aksi Ganjar Nginep di Rumah Warga Dinilai Upaya Serap Aspirasi

2. Butuh ekonomi kreatif

Ganjar Tak Ingin APBN Digerogoti Kelompok yang Suka KKNBacapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo hadir di Rakernas IV PDIP (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mendorong masyarakat untuk bergerak melakukan ekonomi kreatif. Menurutnya, anak muda seharusnya hadir dalam ekonomi kreatif.

"Butuh ekonomi kreatif, termasuk anak-anak muda, semua di desain dalam kerangka bagaimana mengunggulkan ekonomi kita agar mereka terlibat setiap tahap ke tahap," kata dia.

3. Sikat KKN

Ganjar Tak Ingin APBN Digerogoti Kelompok yang Suka KKNCalon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurutnya, hal itu semua bisa terwujud karena APBN Indonesia besar. Untuk menjaga agar APBN tidak bobol, Ganjar ingin menyikat kelompok korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

"Kita punya anggaran berlipat ganda, maka tidak boleh ada korupsi, pajaknya dipermudah, kita musti 'S'-nya sikat KKN, karena ini menjadi penyakit di republik ini," kata Ganjar.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Ganjar Bicara Creative Hub saat Bertemu Anak Muda Papua

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya