Golkar Dukung Prabowo, Luhut: Tak Apa Gak Calonkan Kader Sendiri

Luhut tak masalah Golkar tak bisa usung kader sendiri

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, Luhut Binsar Pandjaitan, mengaku mendukung keputusan DPP Partai Golkar mendeklarasikan dukungan pada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) untuk  Pilpres 2024.

Menurut Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi itu, deklarasi tersebut merupakan langkah politik yang tepat menjelang Pemilu 2024.

"Saya kira bagus. Saya kira kalau Golkar sudah menentukan sikap, itu bagus, gak ada masalah," ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/8/2023).

Baca Juga: Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya Presiden

1. Luhut tidak masalah Golkar tak bisa usung capres dari kader sendiri

Golkar Dukung Prabowo, Luhut: Tak Apa Gak Calonkan Kader SendiriMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Luhut mengaku tak masalah bila Golkar tidak bisa mengusung calon presiden atau calon wakil presiden (capres-cawapres) dari kadernya. Menurutnya, Golkar juga sedang fokus meraih lebih dari 85 kursi parlemen pada Pileg 2024.

"Saya ngobrol sama Pak Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar), saya kira keputusan Golkar untuk bergabung dengan koalisi Gerindra, ya sudah ada keputusan. Jadi jangan dibuat masih shopping around," ujar dia.

"Jadi, sudah jelas Golkar sudah tidak bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden, gak apa-apa. Sekarang bicara konsentrasi di legislatif (Pemilu Legislatif). Dan itu mendorong kekompakan di Golkar supaya pendapatan jumlah kursi dari Golkar di parlemen yang 85 bisa dipertahankan, atau lebih mungkin sampai berapa," sambung Luhut.

2. Luhut minta semua kader Golkar solid

Golkar Dukung Prabowo, Luhut: Tak Apa Gak Calonkan Kader SendiriMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Luhut pun mengimbau kepada semua kader Golkar agar solid. Dia merasa soal perbedaan di internal Golkar merupakan hal biasa.

"Saya sudah bilang tadi sama Pak Airlangga. Saya bilang beda-beda sudah, sekarang guyub lagi. Gak boleh terus-menerus berantem. Kan yang rugi siapa? Kita semua," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya Presiden

3. Golkar dan PAN resmi deklarasi dukung Prabowo capres pada Pilpres 2024

Golkar Dukung Prabowo, Luhut: Tak Apa Gak Calonkan Kader SendiriDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan dukungan pada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai capres Pemilu 2024. Deklarasi disampaikan di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

"Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029," ujar Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Minggu (13/8/2023).

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/16G_a9PxACE

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya