Golkar-PAN Dukung Prabowo, Megawati: Perkuat Akar Rumput

Megawati minta kader turun ke masyarakat

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, meminta seluruh kadernya untuk memperkuat akar rumput dan turun ke masyarakat, setelah Golkar dan PAN mendukung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

"Kebetulan saat itu sedang ada acara deklarasi dari Golkar, PAN dan PKB yang membangun kerja sama dengan Gerindra. Lalu Ibu bertanya kepada saya 'Kamu lihat acaranya tidak?' 'Saya lihat Ibu'. Apakah arahan Ibu dalam menyikapi kerja sama partai politik?' Dijawab Ibu adalah, 'perkuat akar rumput. Turun ke bawah bersama dengan rakyat, perkuat akar rumput karena bagi PDIP politik itu bukan hypes politics, the real politics itu berada di grass roots'," ujar Hasto di Kabupaten Bogor, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya Presiden

1. PDIP tak gentar

Golkar-PAN Dukung Prabowo, Megawati: Perkuat Akar RumputSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto menegaskan, PDIP tak gentar meski dukungan dari partai politik parlemen lebih banyak berlabuh ke Prabowo. Hasto mencontohkan, pada saat Presiden Joko "Jokowi" Widodo maju di Pilpres 2014, jumlah parpol parlemen yang mendukungnya juga lebih sedikit.

"Apa yang terjadi kan merupakan pengulangan tahun 2014. PDI Perjuangan terus bergerak ke bawah. Jadi kunci dari kemenangan pemilu itu adalah memperkuat akar rumput, dan PDI Perjuangan dengan pengurus di atas 1,2 juta, kemudian 54 persen kepala daerah bekerja sama dengan PPP, Perindo, dan Hanura, itu semakin memastikan jalan kemenangan bagi Pak Ganjar Pranowo," kata dia.

Baca Juga: Golkar-PAN Dukung Prabowo, Respons Ganjar Dinilai Selayaknya Negarawan

2. Pilpres urusannya soal figur

Golkar-PAN Dukung Prabowo, Megawati: Perkuat Akar RumputBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, Hasto menyebut pilpres itu terkait seberapa kuat figur yang menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. Menurutnya, hal itu yang paling diutamakan.

"Pilpres itu berbeda dengan pileg, di dalam pilpres kekuatan figur itu sangat penting, bagaimana sosok pemimpin yang jujur, merakyat, visioner, yang menjadi bagian dari representasi dari rakyat itu sendiri. Indonesia ini begitu besar punya stamina yang tinggi untuk dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia," kata dia.

3. Golkar dan PAN deklarasi dukung Prabowo

Golkar-PAN Dukung Prabowo, Megawati: Perkuat Akar RumputDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui, Golkar dan PAN mendeklarasikan Prabowo sebagai Capres 2024 di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta, pada Minggu (13/8/2023). Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan alasan Golkar mendukung Prabowo sebagai Capres 2024.

"Karena Bapak Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar. Oleh karena itu, beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi, egaliter, searah, sejalan dan setujuan dengan Partai Golkar," kata dia.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) juga menyampaikan deklarasi partainya mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

"Melalui pertimbangan yang matang, DPP PAN telah memutuskan untuk memberikan calon presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto. Semoga Allah SWT meridai apa yang telah kita sepakati apa yang kita putuskan," kata Zulhas.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya