Comscore Tracker

Parade Kemenangan, Sigit Ingin Atlet Sepeda Latihan di Luar Negeri

Listyo Sigit juga ingin bangun sport science

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo hari ini melakukan parade kemenangan bersama kontingen sepeda Indonesia. Parade ini merupakan bagian dari perayaan setelah kontingen sepeda Indonesia meraih tiga medali emas di Sea Games 2021 Vietnam.

Listyo mengaku senang dengan torehan atlet sepeda di ajang Sea Games 2021. Prestasi para atlet lebih baik dibanding tahun 2019.

"Alhamdulillah, selamat untuk semua, jadi kalau kita bandingkan dengan tahun 2019, ini peningkatan yang luar biasa karena pada waktu itu kita mendapatkan satu mendali, dan hari ini kita mendapatkan 3 medali," ujar Listyo usai acara parade seperti disiarkan TVOne, Minggu (29/5/2022) pagi.

Baca Juga: Pilih Jadi Ketum ISSI, Kapolri Listyo Sigit Mundur Sebagai Sekjen PBSI

1. Listyo ingin atlet sepeda berlatih di luar negeri

Parade Kemenangan, Sigit Ingin Atlet Sepeda Latihan di Luar NegeriKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Humas Polri)

Dalam kesempatan itu, Listyo ingin para atlet sepeda berlatih di luar negeri. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan prestasi.

"Ke depan kita akan terus memperbaiki apa yang dibutuhkan rekan-rekan, perlu kita persiapkan terkait dengan sarana dan prasarana. Kita tentu mendorong rekan-rekan berlatih di luar negeri," katanya.

"Dari sisi teknik, dari sisi kemampuan tentunya akan semakin meningkat," sambungnya.

Baca Juga: Olimpiade Diundur, ISSI Maksimalkan Dana dari Kemenpora  

2. Ingin buat sport science

Parade Kemenangan, Sigit Ingin Atlet Sepeda Latihan di Luar NegeriZainal Fanani dan Ihza Muhammad berhasil menyumbang emas dan perak pada nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra di SEA Games 2021 (dok. Nick Hanoatubun/PB ISSI)

Listyo yang juga menjabat sebagai Kapolri ingin membangun sport science. Apabila ini terealisasi, katanya, akan menjadi yang pertama di Indonesia.

"Ini pertama kali kita mengembangkan, kita coba di rekan-rekan ini, dan tentunya ini sangat mendukung, memberikan gambaran dan mengukur kemampuan rekan-rekan dan secara ilmiah dari data-data tersebut kemudian bisa ditingkatkan dan diperbaiki," katanya.

Apabila data kemampuan para atlet sudah diketahui dengan baik, tentu semakin mudah untuk memberikan pola latihan dan makanan. Hal itu bertujuan untuk menjaga kondisi atlet tetap prima.

3. Terus tingkatkan prestasi

Parade Kemenangan, Sigit Ingin Atlet Sepeda Latihan di Luar NegeriZainal Fanani dan Ihza Muhammad berhasil menyumbang emas dan perak pada nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra di SEA Games 2021 (dok. Nick Hanoatubun/PB ISSI)

Lebih lanjut, Jenderal Polisi bintang empat ini meminta para atlet sepeda untuk terus meningkatkan kemampuan. Terlebih, beberapa waktu ke depan ada ajang Olimpiade.

"Doa, support dari seluruh komunitas sepeda, dari seluruh masyarakat pencinta sepeda bisa menjadi energi positif untuk rekan-rekan," imbuhnya.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya