Prabowo Diminta Klarifikasi soal Investigasi Pesawat Mirage 2000-5

Prabowo diminta jelaskan secara rinci soal isu tersebut

Jakarta, IDN Times - Pengamat pertahanan Connie Rahakundini Bakrie meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menyampaikan klarifikasi terkait dugaan adanya investigasi dari anti korupsi Uni Eropa (GRECO), mengenai adanya pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5.

“Sekali lagi kita menuntut saja sekarang untuk mengklarifikasi sendiri mungkin Pak Prabowo Subianto dipertanyakan. Karena di berita yang beredar itu dan diplomatic paper yang kita terima dan kawat yang kita terima adalah sekitar 40 persen dari komisi sudah diterima beliau di Qatar dengan dibawa jet pribadi,” ujar Connie dalam keterangannya, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga: Profil Stadion GBK, Lokasi Kampanye Akbar Prabowo-Gibran

1. Harus ada penjelasan secara rinci

Prabowo Diminta Klarifikasi soal Investigasi Pesawat Mirage 2000-5Pengamat intelijen, Connie Rahakundini (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Connie menegaskan, harus ada penjelasan rinci terkait isu tersebut. Sehingga, masyarakat mendapat informasi yang jelas.

Connie mengatakan, pembelian pesawat itu memang sudah batal. Tapi, dugaan yang menguak ke publik seharusnya segera dijelaskan agar isu tak melebar.

“European Investigative Order (EIO) ini sangat correct terhadap kasus-kasus seperti ini. Jadi alutsista itu sangat hati-hati, jadi masalah ada penggelapan, ada mark up, itu sangat hati-hati,” kata dia.

“Masalahnya sekarang ada dokumen bocor dari Ceko, setahu saya kan begitu, bahwa dokumen itu bocor kemudian terdeteksi. Setahu saya lagi EIO sudah mengirimkan ke kawat Kedutaan Besar di Jakarta mempertanyakan. Jadi sekarang yang dalam bahaya adalah EIO itu akan membongkar pasti, kenapa urutannya apa, apalagi kalau kita baca dokumennya,” sambungnya.

Baca Juga: Prabowo Sindir Ahok yang Menyebut Jokowi Tak Bisa Kerja

2. Connie sebut EIO punya elemen kuat

Prabowo Diminta Klarifikasi soal Investigasi Pesawat Mirage 2000-5Pengamat intelijen, Connie Rahakundini (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Connie menyebut EIO memiliki elemen yang kuat dalam melakukan investigasi. Dia berharap, isu tersebut segera terungkap.

“Karena apa? Saya pikir, EIO itu punya elemen kuat sekali. Bayangkan saya saja sempat melihat kawat dia ke Kedutaan Amerika, artinya EIO sangat menjaga kehormatan currency-nya dengan baik supaya dapat menjaga masyarakat dunia,” ucap dia.

3. Jubir Prabowo membantah

Prabowo Diminta Klarifikasi soal Investigasi Pesawat Mirage 2000-5Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan informasi terkait adanya investigasi dugaan korupsi dalam pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar adalah hoaks.

Hal itu ia sampaikan menanggapi berita META NEX dengan judul ‘Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation’ yang terbit hari ini, Jumat (9/2/2024).

“Berita tersebut fitnah. Faktanya tidak ada pembelian pesawat tersebut. Dan tidak pernah terjadi,” kata Dahnil kepada IDN Times, Jumat (9/2/2024).

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya