Puan Maharani Akui PDIP Cocok Koalisi dengan Golkar

Meskipun Golkar telah resmi mendukung Prabowo

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengaku partainya sudah cocok berkoalisi dengan Golkar. Namun, pada akhirnya Golkar memutuskan untuk berkoalisi untuk mendukung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

"PDI Perjuangan sih cocok, jadi kalau memang ada faktor yang gak bikin cocok, perlu tanyakan ke Ketum (Golkar) Pak Airlangga," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Jokowi Disebut Dukung Golkar-PAN Gabung Prabowo, PDIP: Itu Tak Benar

1. PDIP buka pintu dengan semua parpol

Puan Maharani Akui PDIP Cocok Koalisi dengan GolkarKetua DPP PDIP Puan Maharani di Manado (dok. PDIP)

Dalam kesempatan itu, Puan mengaku PDI Perjuangan membuka pintu koalisi dengan semua partai politik. Menurutnya, semua hal dibahas dan ada ruang diskusinya.

"Kami tidak akan menutup pintu," kata dia.

Baca Juga: Golkar-PAN Dukung Prabowo, Megawati: Perkuat Akar Rumput

2. Golkar dan PAN resmi deklarasi dukung Prabowo Capres 2024

Puan Maharani Akui PDIP Cocok Koalisi dengan GolkarDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Deklarasi itu disampaikan di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, terlebih dulu menyampaikan dukungannya kepada Prabowo.

"Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024-2029," ujar Airlangga, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga: Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya Presiden

3. Alasan PAN dukung Prabowo

Puan Maharani Akui PDIP Cocok Koalisi dengan GolkarDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), juga menyampaikan alasan deklarasi partainya mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

"Melalui pertimbangan yang matang, DPP PAN telah memutuskan untuk memberikan calon presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto. Semoga Allah SWT meridai apa yang telah kita sepakati apa yang kita putuskan," kata Zulhas.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Deklarasi Prabowo di Museum, 4 Ketum Parpol Dilaporkan ke Bawaslu

Baca Juga: Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo, Anies Ngaku Tak Khawatir

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya